Tim Monev melakukan kunjungan lapangan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Kedokan Bunder, Rabu (1/3/2023)

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) 10 Program Unggulan dan 99 Program Prioritas Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H., C.R.A terkesima dengan realisasi yang telah dijalankan di Kecamatan Kedokan Bunder.

Secara serempak pada Rabu (1/3/2023), Tim Monev yang terdiri dari esellon III di lingkungan Pemkab Indramayu melakukan kunjungan lapangan ke desa-desa yang ada di Kecamatan Kedokan Bunder yang dikordinatori Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu.

Tim dari Bappeda Kabupaten Indramayu, Laela Hosilawati menjelaskan, di Desa Kedokanagung 10 program unggulan sudah dilaksanakan hanya perlu dilakukan optimalisasi dan dilanjutkan secara terencana agar hasilnya bisa maksimal.

“Respon para kuwu sangat luar biasa dalam merealisasikan berbagai program tersebut. Ada yang sudah teranggarkan di dana desa ada juga yang belum. Mereka komitmen untuk terus dikembangkan pada tahun ini,” kata Laela.

Sementara itu dari monev di Desa Kedokanbunder, Titin Ning Prihatini tim dari Dinas Kesehatan menjelaskan, layanan Dokmaru mendapatkan respon sangat positif dari Pemdes dan masyarakat. Program Dokmaru ini terintegrasi dengan I-Ceta yang masyarakat sudah memanfaatkannya sebagai layanan call center untuk terhubung dengan desa, puskesmas, ataupun kecamatan.

Dari Desa Cangkingan, Anggoro Purnomo tim monev dari Dinas Perhubungan sangat mengapresiasi keberhasilan dan capaian yang telah diraih. Apalagi Desa Cangkingan sebagai desa terbaik di Kabupaten Indramayu dan juga Provinsi Jawa Barat, selain itu Desa Cangkingan juga sebagai desa pertama yang melaksanakan program! Lebu Digital (Le-Dig).

Sementara itu Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi mengatakan, secara perlahan desa-desa di Kecamatan Kedokan Bunder terus beradaptif untuk melaksanakan berbagai program unggulan dan prioritas tersebut.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada tim monev karena mendapatkan data dan melihat langsung dari desa dalam pelaksanannya.

“Yang dianggap masih kurang maksimal, kita terus tingkatkan sehingga benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Atang.

Esellon III yang melakukan monev di Kecamatan Kedokan Bunder yakni : Desa Kedokanagung oleh Laela Hosilawati (Bappedalitbang), Suci Ruswani (Dinkes). Desa Kaplongan oleh Omat (DPUPR), Rasito (BKD). Desa Jayawinangun oleh Herman Rustandi (DLH), Sukasa (Bappedalitbang). Desa Cangkingan oleh Anggoro Purnomo (Dishub), Baman (Dikbud). Desa Kedokanbunder Wetan oleh Ninin Nurwulan (Bappedalitbang), Widiyana (RSUD MIS). Desa Kedokanbunder oleh Titin Ning Prihatini (Dinkes), dan Aminah (Dispara). Dan Desa Jayalaksana oleh Atin Anifah (DPMD), Carbadi (RSUD IM). *(Herman/Tongol)