Bandara Kertajati Digunakan untuk 7 Wilayah Saat Musim Haji

JAKARTA (pelitaindo.news) – Bandara Kertajati, Jawa Barat, disiapkan untuk pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji di tujuh wilayah di Jawa Barat, setelah disetujuinya bandara tersebut oleh General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan tujuh wilayah yang akan dilayani dari Bandara Kertajati, yakni Kabupaten Majalengka, Kuningan, Indramayu, Cirebon, Subang, Sumedang, dan Kota Cirebon.

“Kami perkirakan total ada sekitar 7.890 orang jamaah dari tujuh daerah tersebut,” ujar Saiful Mujab di Jakarta, Kamis.

Saiful menyebut bahwa disetujuinya Bandara Kertajati untuk operasional musim haji 1444H/2023M menjadi kabar baik. Kemenag langsung menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati.

Rencananya, tujuh ribuan calon haji tersebut akan terbagi dalam 20 kelompok terbang atau kloter. Proses clearance (izin) dari imigrasi juga akan dilakukan di Bandara Kertajati

“Kami sambut baik atas persetujuan GACA untuk penggunaan Bandara Kertajati, Jawa Barat. Kita pun telah menyiapkan skenario pemberangkatan jamaah haji dari Bandara Kertajati,” kata dia. (Red)