Beranda Pendidikan Rafli Ridho Budiatama dan Vika Oktaviani Terpilih Menjadi Duta Baca Indramayu Tahun...

Rafli Ridho Budiatama dan Vika Oktaviani Terpilih Menjadi Duta Baca Indramayu Tahun 2022

DPA Indramayu memilih Rafli Ridho Budiatama dan Vika Oktaviani sebagai Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022

INDRAMAYU (pelitaindo.news) – Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu kembali menggelar ‘Pemilihan Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022′. Pemilihan Duta Baca tahun ini mengambil tema “Mewujudkan Generasi Literat Menuju Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat)”.

Dalam kesempatan yang sangat bersejarah itu, DPA Indramayu memilih Rafli Ridho Budiatama dan Vika Oktaviani sebagai Duta Baca Kabupaten Indramayu Tahun 2022. Keduanya berhasil menyingkirkan 20 finalis pada puncak Grand Final Duta Baca Indramayu yang berlangsung pada Selasa sore (30/08/2022) di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan mengatakan, kegiatan pemilihan Duta Baca Kabupaten Indramayu telah dilangsungkan sejak 2021 lalu. Hal merupakan kegiatan positif dalam rangka menumbuhkan minat baca waga Indramayu. Iwan meminta kegiatan ini harus terus dipacu dan didukung.

“Kegiatan seperti ini adalah satu hal yang harus kita pacu dan dukung, yaitu Pemilihan Duta Baca Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Sebelumnya telah hadir perwakilan Gerakan Literasi Nasional, Siswa, Keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin, Literat dan Sejahtera (GLN Gareulis) Jawa Barat, yang telah berupaya mengangkat literasi di Kabupaten Indramayu. Pada kegiatan Tantangan GLN Gareulis Jawa Barat yang dilaksanakan selama sepuluh bulan di tahun 2020-2021, Kabupaten Indramayu berhasil menjadi Juara Umum dengan membawa pulang 13 Medali Penghargaan.

Kepala DPA Kabupaten Indramayu Iwan Hermawan sedikit menyayangkan kegiatan GLN Gareulis Jawa Barat ini dikarenakan baru literasi di lingkup sekolah yang dilakukan oleh siswa dan guru, sedangkan dalam lingkup masyarakat umum belum tercapai. Sementara ini terindikasi bahwa index literasi masyarakat Kabupaten Indramayu masih sangat kecil/rendah.

Sekarang ini masyarakat masih menganggap bahwa literasi hanya mencakup kegiatan di lingkungan sekolah saja. Terkait dengan hal ini Iwan Hermawan mengajak masyarakat untuk mengubah sudut pandang mengenai literasi. Literasi bukan hanya mengenai membaca dan menulis, melainkan literasi juga harus masuk kedalam lingkup masyarakat.

“Mari kita ubah sudut pandang kita terhadap literasi, bahwa literasi itu bukan hanya baca tulis saja melainkan juga harus masuk pada masyarakat,” ajaknya.

Salah satu penilaian literasi adalah pada lingkup masyarakat, dengan upaya yang dilakukan oleh GLN Gareulis di Kabupaten Indramayu maka Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar telah mendapatkan penghargaan sebagai Bupati Terinspiratif se-Jawa Barat. Dibandingkan dengan kabupaten lain yang hanya mendapatkan 7 hingga 8 piala penghargaan sedangkan Kabupaten Indramayu telah mendapatkan 13 piala penghargaan pada ajang ini.

Selanjutnya Iwan Hermawan mengajak untuk bersama-sama menggeser atau melebarkan literasi yang mulanya hanya lingkup sekolah kearah gerakan literasi masyarakat dan berharap dapat bermanfaat untuk mengenalkan dan membangkitkan literasi dalam masyarakat.

“Mari kita geser gerakan literasi sekolah kearah gerakan literasi masyarakat untuk mewujudkan Indramayu yang Bermartabat. Harapan saya dapat bermanfaat untuk mengenalkan dan membangkitkan literasi dalam masyarakat,” pungkasnya. (Diskominfo)

Artikulli paraprakPutri Chandrawathi Satu Kamar Bersama Kuat Ma’ruf, Tak Disangka Terungkap dalam Proses Rekonstruksi
Artikulli tjetërLama Dinanti, Pelaku Seni Kabupaten Bekasi Kembali Tampilkan Aksi

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.