KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Jumat (14/4/2023)

BANDUNG (pelitaindo.news) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Jumat (14/4). Ia diduga menerima suap program Bandung Smart City atas pengadaan barang dan jasa, yakni CCTV serta penyedia jaringan internet.

Ia ditangkap bersama sembilan orang lainnya, termasuk pejabat Dinas Perhubungan Kota Bandung, dengan bukti uang rupiah. Yana Mulyana saat ini telah berada di Gedung Merah Putih KPK.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK, Ali Fikri mengatakan Yana Mulyana terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terkait dugaan kasus korupsi.

“KPK, pada Jumat (14/4/2023) telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa orang yang sedang melakukan tindak pidana korupsi,” kata Ali Fikri kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023) pagi.

Ali mengatakan, Yana Mulyana dan sejumlah pihak yang ditangkap diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap pengadaan barang dan jasa di Kota Bandung.

Tim KPK sedang menggali keterangan dari beberapa pihak yang diamankan untuk kemudian diputuskan status mereka dalam waktu 1×24 jam.

“Berikutnya segera menentukan sikap 1×24 jam setelah penangkapan tersebut,” ujar Ali.

Yana Mulyana belum genap setahun menduduki kursi wali kota setelah dilantik. Yana Mulyana adalah seorang pengusaha dan politikus Indonesia yang kini menjabat sebagai Wali Kota Bandung dengan masa jabatan hingga 2023 ini.

Yana Mulyana dilantik sebagai Wali Kota Bandung untuk masa jabatan 2018-2023 pada Senin (18/4/2022).

Pelantikan tersebut juga dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil serta dihadiri oleh jajaran Pemprov Jabar dab Pemkot Bandung. Yana Mulyana sebelumnya sempat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung, kemudian sempat memegang jabatan sebagai Plt Wali Kota Bandung.

Yana Mulyana dipercaya sebagai Wali Kota Bandung, setelah sebelumnya Oded M Danial meninggal dunia pada 10 Desember 2021 lalu.

Biodata Yana Mulyana

H. Yana Mulyana, S.E lahir pada 17 Februari 1965. Yana Mulyana dikenal sebagai seorang pengusaha sekaligus politisi. Ia adalah anak dari tokoh Angkatan 45, Soepardjo.

Nama: Yana Mulyana

Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 17 Februari 1965

Kebangsaan: Indonesia

Partai politik: Gerindra

Almamater : Universitas Islam Nusantara

Pekerjaan : Pengusaha, Politisi

Riwayat Hidup

Sebelum menjadi Wakil Wali Kota Bandung, Yana dikenal sukses sebagai pengusaha. Ia juga memiliki bisnis properti dan beberapa lini usaha lainnya. Ia, juga pendiri radio Rase FM.

Kiprah Yana di Rase FM dimulai pada 1987 ketika ia melanjutkan proses perizinan pendirian Radio Rase yang sebelumnya sempat tertunda

Sukses dengan Rase FM, Yana berkiprah sebagai pengusaha serta memimpin sejumlah organisasi Ketua PSSI Kota Bandung dan REI (Real Estate Indonesia) Jawa Barat

Riwayat Pendidikan

  • SD Negeri Panorama
  • SMP Negeri 15 Bandung
  • SMA Negeri 5 Bandung
  • Universitas Islam Nusantara (Uninus)

Karier

  • Pendiri Radio Rase FM
  • Ketua DPD REI Jabar
  • Ketua HIPMI Jabar
  • Sekretaris Dewan Pertimbangan Kadin Jabar
  • Ketua PSSI kota Bandung
  • Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan TNI-Polri Indonesia (GM-FKPPI).

(red)