Kantor Dinas PUTRPRKP Pangandaran Dilalap Si Jago Merah

Modusinvestigasi.Online, pangandaran –  Kantor Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, Dan Kawasan Pemukiman (PUTRPRKP)

Di lalap si jago merah yang berdomisili di dusun karang benda  RT 001 RW 002 Desa karang benda Kecamatan Parigi kabupaten Pangandaran tepatnya depan koramil1321 Parigi  Minggu, tanggal 20 Juni 2021 sekitar  pukul 16.00 wib.

Kebakaran tersebut diduga karena konsleting listrik. Saksi saksi dalam peristiwa tersebut antara lain Serka Iwa, (45) tahun Anggota Koramil 1321/Parigi, dan Asep Kasih Sanjay (43) kepala Desa Karang Benda.

Hari Setiawan (18) Warga Dusun Karang Benda. Adapun Kronologis kejadian kebakaran tersebut. Sekitar pukul 16.00 wib Anggota Koramil 1321Parigi yang sedang melaksanakan piket ikut melihat terjadinya kebakaran kantor dinas PUTRPRKP kabupaten Pangandaran yang berasal dari ruang kantor bidang cipta karya.

Setelah para saksi melihat kepulan asap di kantor dinas PUTRPRKP kabupaten Pangandaran para saksi langsung melaksanakan koordinasi dengan pihak BPBD dan DAMKAR Kabupaten Pangandaran Pada pukul 16.15 wib, 2 Unit Damkar dan 1 Unit Tanki BPBD kabupaten  Pangandaran tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan titik api yang berada di kantor bagian cipta karya dan bantu oleh Anggota Koramil, Polsek parigi serta warga sekitar sekaligus mengeluarkan barang-barang dan dokumen yang belum terbakar. Pada Pukul 17.00 wib Api sudah bisa di padankan di lanjutkan pendinginan.

Langkah tidakan diambil dalam kejadian tersebut. Anggota koramil, polsek parigi serta Warga sekitar membantu petugas pemadam kebakaran kabupaten Pangandaran dalam upaya memadamkan api serta mengamankan dokumen yang masih bisa di selamatkan dari kobaran api.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Regu Pos Wilayah II Damkar Kabupaten Pangandaran Billy mengaku ada kesulitan saat melakukan pemadaman, dikarenakan ruangannya yang tertutup.

Selain itu menurut Billy kami kekurangan alat pelindung diri (APD), seperti gas dan Masker, sehingga dua orang personil harus di evakuasi ke Puskesmas karena mengalami sesak napas, 3 orang petugas Damkar tersebut ( Wiendi, Rudi dan Gin-gin)  yang dibawa ke IGD Puskesmas Parigi karena kekurangan oksigen waktu penanganan kebakaran.

Dalam pantowan awak media, Anggota Polsek dan anggota Koramil Parigi memasang policeline untuk penyelidikan lebih lanjut. Diperkiraan Kerugian dari kejadian tersebut Dokumen-dokumen penting sebagian terbakar, Barang elektronik ikut terbakar dan Kerugian materil belum bisa ditaksir.

Dari kejadian tersebut terpantau Kurangnya keamanan karena tidak ada nya satpam yang berjaga di kantor dinas PUPR, kabupaten Pangandaran karena ada pengurangan pegawai dan situasi sedang hari libur.

Untuk saat ini pihak kepolisian sektor Parigi lanjut melakukan penyelidikan mengantisipasi kebakaran kantor dinas PUPR ini diduga ada unsur kesengajaan dan ada yang ganjil tidak di temukannya Hardis Cctv, dan ada satu yunit motor Bit warna merah no pol, Z 2251 MC depan Kantor PUTRPRKP, diduga kuat milik orang yang belum di ketahui pemiliknya” ungkapnya.  (Budi Setiawan)