Beranda Pendidikan Hampir 100 Persen SMP di Sumedang Sudah Punya Laboratorium IPA

Hampir 100 Persen SMP di Sumedang Sudah Punya Laboratorium IPA

Kabid Pengembangan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Sumedang Indra Wahyudinata saat mendampingi Bupati Dony Ahmad Munir meninjau bangunan Lab IPA SMPN 1 Ganeas, Rabu (6/7/2022).

SUMEDANG (Pelitaindo.news) – Bupati Dony Ahmad Munir meninjau rehab ruangan laboratorium IPA di SMP Negeri 1 Ganeas, Rabu (6/7/2022). Bupati menyebutkan perbaikan sekolah rusak, penambahan sarana dan prsarana sekolah terus dilakukan pemerintah daerah setiap tahun anggarannya. “Kami terus memperbaiki sekolah yang rusak, meningkatkan saran adan prasarana sekolah,” kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, dari 72 Sekolah jenjang SMP, 71 diantaranya atau 98,6 persen sudah memiliki Laboratorium IPA.  “Ada 71 sekolah yang memiliki Lab IPA dari 72 sekolah untuk jenjang SMP. Adapun yang belum memiliki yaitu SMP 1 Satu atap Tamansari Kecamatan Cibugel,” kata Kabid Pengembangan Sarana Prasarana pada Dinas Pendidikan Indra Wahyudinata saat mendampingi Bupati Dony Ahmad Munir ketika meninjau bangunan Laboratorium IPA SMPN 1 Ganeas, Rabu (6/7/2022).

Ia mengatakan, keterbatasan lahan sekolah yang tidak memadai untuk pembangunan Lab IPA akan ditindaklanjuti dengan pembangunan bertingkat di atas kelas yang ada. “Nanti di atasnya akan membangun laboratorium IPA untuk Sekolah Menengah Pertama Satu Atap Taman Sari di Kecamatan Cibugel,” ujarnya.

Berdasarkan kondisi eksisting di lapangan, lanjut Indra, terdapat 66 sekolah yang laboratoriumnya berada dalam kondisi baik dan 5 sekolah lainnya dalam kondisi rusak. “Kondisi kerusakan ini akan ditindaklanjuti dari DAK Tahun 2021 sebanyak satu sekolah dan DAK 2022 sebanyak lima sekolah,” katanya.

Adapun untuk SMPN 1 Ganeas, rehab ruang laboratorium IPA tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dari pada peserta didik. “Sumber anggaran berasal dari APBD murni Tahun 2022. Terima kasih Kepada Bupati Sumedang yang telah memberikan support anggarannya,” ujarnya.

Kondisi lingkungan SMPN 1 Ganeas yang dekat dengan perkebunan dan kehutanan, menjadi keuntungan bagi siswa atau peserta didik agar mampu mengimplementasikan apa yang telah disampaikan oleh tenaga pendidik. “Mudah-mudahan ini akan sangat bermanfaat untuk SMPN 1 ganeas dan masyarakat di lingkungan Kecamatan Ganeas,” ujarnya. (RN)

Artikulli paraprakKasi PAKIS Kemenag Kota Tasikmalaya Hadiri Pelatihan dan Magang OPOP Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Condong
Artikulli tjetërPMK Tak Pengaruhi Pedagang Daging Sapi di Pasar Sumedang

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.