Wartawan Dilarang Meliput dan Dibentak Oleh Oknum Penjaga PT. Imasco Asiatec Saat Acara Kunjungan Bupati

pelitaindonews, Jember – Kunjungan Bupati dan Wabup Jember H Hendy Siswanto dan Gus Firjaun serta Forkompimda di  PT. Imasco Asiatic Puger, adalah memenuhi undangan menegemen PT imasco Asiatic Puger.

Namun disayangkan beberapa media yang meliput bupati dan wakil serta Forkompimda wartawan yang meliput dilarang masuk didalam pabrik semen, bahkan wartawan yang bertugas dan dilindungi oleh undang undang dibentak bentak bahkan, Perlakuan tidak menyenangkan dan di intimidasi oleh pihak penjaga PT imasco Asiatic Puger.

Hal ini terjadi saat jurnalis media online melakukan peliputan Dalam Rangka Kunjungan Kerja Bupati Jember, di Imasco Puger Kabupaten Jember, Rabu (08/09/2021).

Perbuatan menghalang-halangi wartawan saat liputan yang dilakukan oknum satpam Imasco Puger Jember, tak berhenti disitu. Oknum Satpam Bentak bentak, Berteriak Teriak Dengan Nada Lantang Mengusir Wartawan serta Tidak Boleh mengambil Gambar, Vidio.

“Iya saya dihalangi-halangi, satpam Imasco Puger dan Tidak Boleh Mengambil Gambar juga vidio. Ini jelas telah menghalang-halangi tugas sebagai wartawan untuk meliput kondisi di Imasco Puger Dalam Rangka Kungker Bupati Jember, yang terlihat Sikap satpam Yang Tak Beritika,” kata Jurnalis seantero Jember, saat bersitegang dengan oknum Satpam tersebut.

Menurut tahril, oknum petugas satpam Imasco Puger Jember, telah melanggar UU Pers no 40 tahun 1999 tentang tugas pokok dan fungsi pers.

“Dalam UU nomor 40 tahun 1999, tentang Pers, bahwa bagi siapa saja yang melakukan kekerasan dan menghalangi wartawan dalam melaksanakan tugas peliputannya, maka pelaku tersebut dapat dikenakan hukuman selama 2 tahun penjara dan dikenakan denda paling banyak sebesar Rp 500 juta rupiah,”ujarnya.

Sementara Oknum Satpam Imasco Puger berinisial A saat ditanya soal menghalang-halangi  Wartawan tersebut menyatakan, bahwa dirinya punya prosedur dan tidak boleh sembarang media harus ada izin dulu.

Menyikapi wartawan yang dihalangi-halangi oleh oknum satpam Imasco, Sekretaris Jurnalistik dan Komite Wartawan Jember, menyayangkan atas kejadian tersebut.

“Seharusnya oknum satpam itu melayani sesuai dengan tupoksi nya bukan dengan cara menghalang-halangi wartawan yang sedang melakukan peliputan,” ucapnya.

Lanjut Tahrir, Jelas jelas Satpam Salah Kalau  menghalangi halangi wartawan, untuk Mengambil Gambar, foto dan video berlangsungnya kegiatan Bupati.

“Ini kan tugas jurnalistik, bukan mengorek keterangan pihak Imasco dan kita juga bukan kearah itu tetapi hanya meliput kegiatan Bupati Hal ini juga jelas sekali telah melanggar Undang-undang Pokok Pers no 40 Tahun 1999,” pungkasnya.

(salman)