Kecamatan Bangodua menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Ketua RT dan RW se-Kecamatan Bangodua

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat, ketua RT dan RW memiliki peran yang strategis karena langsung berhadapan dengan warga. Mereka menjadi ujung tombak pemerintah dalam urusan pemerintahan serta pelayanan terhadap masyarakat, pendataan penduduk, pemeliharaan keamanan, serta penggerak swadaya masyarakat di wilayahnya masing-masing. Untuk memperkuat tugas fungsi para Ketua RT dan RW, Kecamatan Bangodua menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Ketua RT dan RW se-Kecamatan Bangodua. Acara dilaksanakan di Aula Kantor desa Bangodua kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan pembinaan turut dihadiri Camat Bangodua, Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP, M.Si., Kuwu Desa Bangodua, Agus Syafrudin, Kasi Tata Pemerintahan, Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat, Kasi Trantib, Kasi Kesejahteraan Sosial dan Kasi Pelayanan Masyarakat kecamatan Bangodua.

Kecamatan Bangodua menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Ketua RT dan RW se-Kecamatan Bangodua

Camat Bangodua, Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si. dalam sambutannya menyampaikan visi dan misi Kabupaten Indramayu terutama 10 Program Unggulan Bupati Indramayu serta memberikan pemahaman mengenai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) ketua RT dan RW sebagai ujung tombak pembangunan dan pelayanan masyarakat tingkat pemerintah desa.

“Dengan melihat tugas, fungsi, dan kewajiban RT/RW yang langsung berhadapan dengan kepentingan masyarakat, dan sebagai ujung tombak, acara pembinaan RT/RW ini merupakan langkah dan solusi dalam menunjang kesuksesan program dan kegiatan Pemerintah Desa dalam mewujudkan visi misi Indramayu,” ujarnya.

Selain itu, Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si. juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar senantiasa menjaga netralitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Diharapkan Raden Mas Wahyu Adhiwijaya, S.STP M.Si., melalui kegiatan Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Bagi Ketua RT/RW dapat meningkat dari segi kualitas pengetahuan hingga kemampuan sehingga pelayan yang diberikan kepada masyarakat dapat secara optimal.

Kepala Desa Bangdua, Agus Syafrudin berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan pembinaan ini dapat meningkatkan wawasan serta kekompakan para Ketua RT dan RW Se-Kecamatan Bangodua dalam rangka mendukung dan menyukseskan pembangunan di Kabupaten Indramayu menuju Indramayu Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat).

“Saya berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan serta kekompakan dalam rangka mendukung dan menyukseskan pembangunan di Kabupaten Indramayu menuju Indramayu Bermartabat,” pungkasnya. (Prapto/Herman Tongol)

Editor : Elisa Nurasri