Tol Cisumdawu Tembus Cipali Sudah Bisa Digunakan Pemudik

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si.

BANDUNG (pelitaindo.news) – Tol Cisumdawu (ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama) siap difungsionalkan untuk arus mudik menjelang hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si. mengatakan untuk ruas Cimalaka – GT Ujungjaya Utama sudah bisa digunakan masyarakat pengguna jalan mulai hari Minggu 16 April mulai pukul 08.00 wib.

Ruas tol Cimalaka – Ujungjaya Utama menghubungkan Tol Padaleunyi sampai ke Dawuan tembus ke Tol Cipali (panjang +- 62 km)

Penggunaan jalan tol ruas Cimalaka – Ujungjaya hanya dibuka terbatas pkl 08.00 – 15.00 wib setiap harinya dengan satu arah, yaitu pada saat tren arus mudik, berlaku satu arah dari Bandung menuju Dawuan Cipali serta saat tren arus balik, berlaku satu arah dari arah Dawuan Cipali menuju Bandung.

Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan bahwa Interchange tol Cisumdawu yang mengarah ke Ujungjaya Utama / Cipali ada di KM 186+200 (dari arah Bandung), disamping itu jalan tol Cisumdawu ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama baru menggunakan jalur A (sebelah kiri dari arah Bandung).

Pada saat fungsionalisasi sementara Tol Cisumdawu ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama disediakan rest area di KM 194+400 di jalur B yang terletak sebelah kanan dari arah Bandung, bersifat darurat dan disediakan SPBU modular, WC Portable, Toko Indomaret, sehingga dihimbau kepada masyarakat penggunan jalan, untuk tidak berlama-lama beristirahat di rest area.

Kabid Humas Polda Jabar menyatakan terdapat perpindahan jalur di KM 201+150 dari jalur A ke jalur B sepanjang +- 1,7 km (sd KM 202+850) kemudian kembali lagi ke jalur A

“Karena fungsionalisasi jalan tol Cisumdawu ruas Cimalaka – Ujungjaya Utama masih bersifat darurat dengan infrastruktur jalan belum 100 % selesai atau sempurna, sehingga bagi masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur tersebut harus berhati-hati, menjaga kecepatannya, tidak ngebut dan fokus dalam mengemudi mengendalikan kendaraannya,” tuturnya.

Tanggungjawab pengatur arus lalu lintas di dalam Tol Cisumdawu berada dibawah koordinasi Ditlantas Polda Jabar dibantu Polres Sumedang serta BPJT Cisumdawu (CKJT). *(Bidhumas)