Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

JAKARTA – Tifatul Sembiring selaku Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) MPR RI, mengatakan, perlunya MPR menyelenggarakan rapat gabungan untuk menyelesaikan polemik pergantian Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD RI, Fadel Muhammad dengan Tamsil Linrung.

Tifatul mengatakan, DPD melalui Sidang Paripurna telah mengganti Fadel dengan Tamsil. Namun dalam prosesnya Fadel tidak bisa menerima putusan ini dan melakukan proses hukum.

Tifatul setuju jika persoalan pergantian Wakil Ketua MPR ini diselesaikan secepatnya melalui rapat gabungan. Pimpinan MPR bisa mengundang elemen kelompok DPD dan pimpinan fraksi di MPR.

“Dalam hal ini yang mengundang Ketua MPR. Tapi bisa juga diusulkan Pimpinan MPR yang lain. Bisa juga fraksi-fraksi yang mengusulkan. Akan lebih cepat kalau yang mengusulkan Ketua MPR,” ujar Tifatul dalam keterangannya, Jumat (03/03/2023).

Diingatkannya, jika menunggu proses hukum maka terlalu lama dan tidak akan selesai.

“Sekarang ini kan (masa jabatan Wakil Ketua MPR, Red) tidak sampai setahun lagi. Sudah habis masa jabatan pada 2024,” jelasnya.

Ketua Fraksi PAN MPR RI John Erizal mengatakan persoalan ini akan dibicarakan dengan pimpinan-pimpinan fraksi di MPR.

“Kita akan bicarakan lebih dulu dengan teman-teman, sebenarnya aturan yang berlaku itu seperti apa, lalu kebijakan-kebijakan politik seperti apa yang akan kita ambil,” ujar John.

Sepanjang pergantian Fadel dengan Tamsil dilakukan sesuai dengan aturan, kata John, Fraksi PAN MPR akan mendukung.

“Pola di internal kita seperti itu,” ujar John.

“Pandangan masing-masing fraksi nanti seperti apa, proses penggantian seperti apa yang dijalankan,” papar John.

Sementara, Syaifullah Tamliha selaku anggota Badan Pengkajian MPR mengatakan menyerahkan masalah itu kepada Pimpinan MPR. Menurutnya, Pimpinan MPR agar melakukan rapat gabungan yang diikuti oleh pimpinan-pimpinan fraksi, pimpinan-pimpinan alat kelengkapan MPR.

“Rapat gabungan ini merupakan forum tertinggi,” kata Anggota MPR dari Fraksi PPP ini. Mengenai kapan akan dilaksanakannya rapat gabungan, Tamliha mengatakan kemungkinan setelah masa reses selesai. “Insya Allah setelah masa reses akan dibahas,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengatakan polemik penggantian Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD akan segera dituntaskan. Menurut politikus Partai Demokrat ini, MPR akan membicarakannya dengan pimpinan-pimpinan fraksi yang ada di MPR.