Kodim 0613/Ciamis Menggelar Operasi Pasar Murah di Seluruh Wilayah Teritorial Kodim 0613/Ciamis

CIAMIS (pelitaindo.news) – Kodim 0613/Ciamis menggelar Operasi Pasar Murah di seluruh wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis yang mencakup Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar Jawa Barat. Gelar Pasar Murah dilakukan untuk membantu pemerintah menekan angka inflasi khususnya di wilayah Priangan Timur.

Hal tersebut dibenarkan Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi saat dikonfirmasi melalui saluran telepon seluler, Senin (13/03/2023).

 Dikatakannya, Operasi Pasar Murah dimulai dari kawasan Sirkuit BMX Cigembor Ciamis pada Minggu (12/03/2023) kemarin. Selanjutnya diikuti semua wilayah oleh setiap Koramil Jajaran Kodim Ciamis.

“Operasi Pasar Murah ini kami laksanakan dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk menekan angka inflasi. Selain itu juga untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Saat ini, Kabupaten Ciamis menjadi daerah ketiga terbaik menurunkan angka inflasi. Oleh karena itu kami akan terus mendukung agar menjadi daerah terbaik menurunkan angka inflasi,” ucap Dandim.

Operasi Pasar Murah dilaksanakan oleh Koperasi Kodim 0613/Ciamis bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Ciamis. Sinergi dan kolaborasi juga dilakukan bersama Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Total ada 10 ton beras medium kami sediakan untuk operasi pasar tersebut di Kabupaten Ciamis. Kemarin di Taman BMX Ciamis, beras yang disiapkan dalam waktu setengah jam sudah habis,” jelas Dandim.

“Beras medium pada Operasi Pasar Kodim 0613/Ciamis tersebut dijual dengan harga Rp 9.450 per kilogram, jauh di bawah harga pasar saat ini. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar tetap mampu berbelanja di tengah situasi ekonomi saat ini,” sambung Dandim.

Operasi Pasar Murah akan dilaksanakan secara berkelanjutan, tidak hanya di Kabupaten Ciamis tetapi juga di Kota Banjar agar masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokok di tengah situasi pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi dan dampak ekonomi global.

“Kami tak akan berhenti melakukan Operasi Pasar Murah agar kebutuhan harga pokok di pasaran tetap stabil. Kami akan mengawasi secara ketat agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di tengah situasi ekonomi saat ini,” pungkas Dandim. (Pendam III/Siliwangi)