Beranda Daerah Tampung Aspirasi Petani, Pemcam Widasari Adakan Rakor Bersama BPP Widasari

Tampung Aspirasi Petani, Pemcam Widasari Adakan Rakor Bersama BPP Widasari

Pemcam Widasari menyelenggarakan Rapat Koordinasi bidang pertanian guna mendapatkan hasil pertanian maksimal di kantor BPP Widasari, Selasa (10/1/2023).

INDRAMAYU (pelitaindo.news) – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Widasari menyelenggarakan Rapat Koordinasi pada bidang pertanian guna mendapatkan hasil pertanian maksimal di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Widasari, Selasa (10/1/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Widasari Sidik Tri Hartono, Kepala UPTD Pertanian Widasari, Kepala BPP Widasari serta diikuti oleh para ketua Kelompok Tani seluruh Wilayah Kecamatan Widasari.

Dalam kesempatannya, Sidik Tri Hartono mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Rakor ini adalah untuk menampung permasalahan yang selama ini dialami petani di wilayah Kecamatan Widasari serta memberikan informasi kepada petani mengenai distribusi Sarana Produksi Pertanian (Saprotan) terutama urea bersubsidi.

Sidik Tri Hartono menambahkan, dalam kegiatan ini juga akan diberikan informasi mengenai pembuatan serta penggunaan Kartu Tani juga usaha tani. Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi e-wallet.

“Dengan menggunakan Kartu Tani, petani bisa mendapat kepastian ketersediaan pupuk di kios-kios yang telah ditunjuk untuk penyaluran pupuk bersubsidi,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam rakor ini juga diberikan sosialisasi mengenai pengendalian hama tikus dengan sistem gropyokan (Red: teknik pengendalian tikus sawah dengan melakukan pembongkaran lubang-lubang aktif sarang tikus) dan racun tikus.

Sidik Tri Hartono menyarankan kepada kelompok tani dalam pengendalian hama tikus agar menggunakan musuh alami seperti memanfaatkan kucing dalam memerangi hama tikus.

“Kepada kelompok tani untuk mencoba melatih dan memanfaatkan kucing dalam memerangi hama tikus,” ungkapnya.

Menurut Sidik Tri Hartono bahwa kegiatan Rakor ini sangat penting untuk hasil pertanian karena perencanaan dan kewaspadaan dini dalam menghadapi hama penyakit tanaman dapat dilakukan lewat rakor ini.

“Kegiatan ini sangat penting untuk hasil pertanian yang maksimal, karena perencanaan kebutuhan sarana pertanian dan kewaspadaan dini dalam menghadapi hama penyakit tanaman dapat dilakukan lewat kegiatan ini,” ujarnya.

Beliau berharap dengan pertanian yang tertata dan maju akan mewujudkan ketahanan pangan bagi NKRI.

“Saya berharap kedepan dengan pertanian yang tertata dan maju akan mewujudkan ketahanan pangan bagi NKRI,” harapnya. (Tim Publikasi Indramayu)

Artikulli paraprakSelesaikan Permasalahan Saluran Irigasi, Petani Desa Tugu dan PT. Nindya Karya Lakukan Musyawarah
Artikulli tjetërCamat Bangodua Tinjau Budidaya Cabai di Desa Mulyasari

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.