Belasan ribu santri dari seluruh Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis mengikuti acara munggahan bersama

CIAMIS (pelitaindo.news) – Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1.444 Hijriah, belasan ribu santri dari seluruh Pondok Pesantren di Kabupaten Ciamis mengikuti acara munggahan bersama di Stadion Galuh Ciamis, Senin (20/03/2023).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Yana D Putra, Jajaran Forkopimda serta para Pimpinan Pondok Pesantren turut hadir dalam acara yang digelar oleh Forum Silaturrahmi Pondok Pesantren (FSPP) Ciamis tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengaku bahagia dan merinding melihat antusias ribuan santri yang luar biasa dalam menghadiri acara munggahan santri Ciamis.

“Bahagia sekali bisa bersama-sama dengan para santri se Kabupaten Ciamis, merinding melihat semangat dan antusias para santri menjelang bulan suci Ramadhan,” ucapnya.

Bupati mengatakan gagasan yang dikemas dalam bingkai munggahan para santri tersebut adalah dalam rangka Tarhib Ramadhan yang mempunyai makna tersendiri dimana para santri, ulama, umara menjalin silaturrahmi dan saling memaafkan.

“Islam mengajarkan bahwa hendaknya kaum muslimin mempersiapkan diri dengan senantiasa membersihkan lahiriah dan batiniah sebelum masuk bulan suci Ramadan,” terangnya.

Ia berharap kegiatan tersebut akan berdampak kepada kondisivitas dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan khususnya di kabupaten Ciamis.

“Insyallah tiga hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa, semoga kita semua diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankannya,” tuturnya.

Terakhir, Bupati Ciamis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam terselenggaranya acara munggahan santri Ciamis ini, terutama kepada para agniya yang telah mewakafkan ribuan mushaf Al Qur’an bagi para santri di Kabupaten Ciamis.

KH Nonop Hanafi selaku Ketua FSPP Ciamis mengatakan kegiatan munggahan santri Ciamis ini adalah dalam upaya membangun kebersamaan dan persatuan Pesantren se-Kabupaten Ciamis lintas pesantren, lintas ormas dan lintas afiliasi apapun.

Ia melaporkan terdapat sebanyak 15 ribu santri lebih yang mengikuti kegiatan munggahan tersebut yang berasal dari pondok pesantren yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Harapan kami dengan kegiatan ini para santri, para kyai bersatu padu untuk terus menanamkan semangat menuntut ilmu, semangat berdakwah dan yang terpenting membangun semangat kebangsaan,” ucapnya.

Diketahui terdapat tiga acara inti dalam kegiatan tersebut, diantaranya pembagian 6000 mushaf Al Qur’an, pelantikan pengurus koordinator Kecamatan FSPP Ciamis dan penyerahan secara simbolis Nomor Statistik Pesantren (NSP) dari Kementerian Agama Ciamis dilanjutkan dengan makan liwet bersama. (Humas)