Pemkab Tulang Bawang Barat Memperoleh WTP Ke-10 Dari BPK RI

Modusinvestigasi.Online, TuBaBar – Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Opini WTP tersebut diperoleh ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2020. LHP diserahkan Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung, Andri Yogama dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, SE.MM didampingi Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, ST, Kepala BPKAD Tubaba Mirza Irawan DA. S,Sos.MH di ruang rapat Lantai III BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung pada (30/4).

Bupati Tubaba, Umar Ahmad, SP melalui Wakil Bupati, Fauzi Hasan mengucapkan apresiasi  kepada jajaran Pemkab Tubaba dan DPRD atas  diraihnya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-10 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Lampung.

Diraihnya  opini WTP, kata dia,  merupakan bentuk komitmen yang tinggi tentunya hasil kerja keras semua pihak untuk terus memperbaiki administrasi pengelolaan keuangan daerah, termasuk komitmen DPRD Tubaba dalam mendukung program kerja pemerintah.

“Sinergitas yang terjalin antara pemerintah daerah dan DPRD serta didukung dengan aparatur yang berdedikasi tinggi, merupakan kunci keberhasilan pembangunan daerah, termasuk keberhasilan pembangunan dalam bidang pertanggungjawaban keuangan negara,” ujarnya.

Wakil bupati menerangkan diraihnya kembali Predikat Opini WTP secara berturut turut sejak 2011-2020 oleh Pemkab Tubaba, tentunya berdasar capaian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020.

Menurut Wakil Bupati Fauzi Hasan, Opini WTP atas LKPD Tubaba telah kita terima berturut-turut sejak tahun 2011 silam. Diraihnya WTP ke-10 ini tentu merupakan wujud komitmen Pemkab Tubaba yang terus berupaya tertib dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan daerah.

Lebih dari itu kata Fauzi, ini membuktikan dari seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Tubaba untuk melaksanakan program pembangunan APBD pro-rakyat yang didukung dengan pengelolaan keuangan daerah yang baik.

“Alhamdulillah, BPK RI kembali memberikan predikat WTP kepada Kabupaten Tubaba atas pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2020. Semoga WTP ini mampu kita jadikan tradisi dan motivasi untuk lebih baik lagi kedepannya dalam hal pengelolaan anggaran dan pertanggungjawabannya,” kata Fauzi.

Pada kegiatan tersebut selain Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan, tampak pula Ketua DPRD Ponco Nugroho, Kepala BPKAD Mirza Irawan, Kepala Inspektorat Prana Putra juga Ketua BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung, Andri Yogama.

(Adv/Pendi)