Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi melaju di jalur Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). ANTARA/HO-KCIC

JAKARTA (pelitaindo.news) – Pemerintah Indonesia dan Pemerintah China optimistis peluncuran secara komersial Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sesuai jadwal yang ditetapkan pada Agustus mendatang.

“Kereta api cepat di Indonesia akan segera beroperasi,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin di Beijing, dilansir Antara Jumat (16/6/2023).

Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya memenuhi waktu yang ditetapkan terkait peluncuran KCJB itu pada Agustus.

“Kami tahu selalu perbedaan pandangan antara orang-orang di level teknik dan orang-orang di level politik. Kami perlu menyeimbangkan atas apa yang lebih penting,” katanya.

Indonesia sedang bernegosiasi dengan China terkait tambahan pinjaman senilai 560 juta dolar AS dengan suku bunga 2,8 persen atau lebih rendah dari tawaran Bank Pembangunan China sebesar 3,46 persen.

“Untuk proyek ini ada banyak kondisi yang tidak terduga. Ada hal-hal tertentu yang tidak terlihat pada saat itu yang sekarang mengharuskan kami untuk lebih memperhatikan. Oleh sebab itu perlu berbagai upaya untuk memastikan proyek ini lancar,” ujar Santo. *(Sumber : Antara)