MI Sirojut Tholibin akan bekerjasama dengan Perpusda dalam menyelenggarakan program "Gemar Membaca"

BREBES (pelitaindo.news) – Wahyu yang pertama turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca. Ini artinya Islam memerintahkan kepada umatnya untuk gemar membaca. Karena sesungguhnya membaca membuka jendela dunia, dan membaca itu membuka wawasan pemikiran untuk menatap masa depan.

Oleh karena itu membaca sangat penting untuk anak anak kita. Lebih lebih saat sekarang kita dihadapkan dengan kemajuan informasi dan teknologi yang sudah barang tentu membaca menjadi kunci untuk berselancar dalam dunia informasi. Oleh karena itu di MI Sirojut Tholibin akan bekerjasama dengan Perpusda dalam menyelenggarakan program “Gemar Membaca” . Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MI Sirojut Tholibin Rengaspendawa Kec Larangan Kab Brebes saat Pembukaan Program Gemar Membaca bersama dengan Perpusda Kab Brebes.

Sururi melanjutkan, hari ini kami hadirkan seluruh orang tua peserta didik dengan tujuan agar ikut bersama mensupport anak anaknya untuk gemar membaca di rumah. Dengan demikian dunia membaca bukan sebatas saat di madrasah namun saat di rumahpun akrab dengan membaca buku.

Lebih dari itu pada hakekatnya pendidikan menjadi tanggungjawab bersama, termasuk orang tua. Oleh karena itu peran orang tua sangat memiliki makna perkembangan kecerdasan anaknya. Langkah untuk mencerdaskan dengan membaca harus mendapatkan dukungan keluarga. Sehingga anak anak kita akan mendapatkan perhatian untuk belajar.

MI Sirojut Tholibin Rengaspendawa Kec Larangan Kab Brebes saat Pembukaan Program Gemar Membaca bersama dengan Perpusda Kab Brebes

Akhmad Sururi dalam kesempatan tersebut menghaturkan terima kasih kepada rombongan dari Perpustakaan Daerah Kab Brebes yang berkenan memberikan program gemar membaca untuk peserta didik MI.

“Kita berharap sinergi dan kerjasama ini akan berkelanjutan sebagai bagian ikhtiar untuk penguatan literasi di MI Sirojut Tholibin. Alhamdulilah, anak anak menyambut gembira program ini, ditambah lagi nanti ada dongeng tentu akan menambah kesenangan untuk mereka,” pungkas Akhmad Sururi.

Saat pembukaan yang dihadiri oleh orang tua peserta didik dan guru guru MI Sirojut Tholibin, Kabid Perpustakaan Daerah Kab Brebes. Neli Silfiah, SE, M.Si memaparkan beberapa program kegiatan Perpustakaan Daerah. “Gemar Membaca untuk anak anak sekolah menjadi program kami yang sudah dilaksanakan di beberapa sekolah. Termasuk hari ini kami bersama rombongan sambil bawa buku buku adalah program yang secara rutin kami laksanakan. Nanti juga akan ada tambahan dongeng yang akan disampaikan oleh Ibu Lianti Astin.

“Kami menghaturkan terima kasih kepada Kepala MI Sirojut Tholibin yang telah menerima kami. Semoga ini menjadi kerja sama yang baik untuk mewujudkan anak  anak kita senang membaca. Insya Alloh kami siap untuk melanjutkan MOU dengan MI Sirojut Tholibin untuk program gemar membaca dan wisata baca,” kata Bu Kabid.

Saat ramah tamah di ruang tamu Kabid Perpustakaan menambahkan bahwa program Perpustakaan Daerah ada juga kegiatan tambahan yang bisa diperuntukkan orang tua peserta didik khususnya Ibu ibu. “Program tersebut berupa pelatihan ketrampilan untuk kerajinan tangan. Hasil dari. Kerajinan tersebut bisa menjadi produk lokal yang bisa dipasarkan. Tentu ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena bisa dijadikan produk unggulan lingkungan MI Sirojut Tholibin,” pungkas Bu Neli.

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 di aula MI Sirojut Tholibin juga diisi dengan dongeng anak anak. Dongeng anak anak dengan alat bantu boneka menjadi kesenangan anak anak. Mereka tertawa dan penuh perhatian mendengar cerita yang diperankan oleh boneka di tangan Bu Lianti Astin. *(Red)

Editor : Elisa Nurasri