Beranda PROFIL Mengenal Ki Kebo Kenongo Pawang Ular Pelatih Kopassus

Mengenal Ki Kebo Kenongo Pawang Ular Pelatih Kopassus

Ki Kebo Kenongo alias Dasum Diva Atmaya (70) merupakan salah satu pawang ular di Kabupaten Sumedang

Jakarta (pelitaindo.news) – Ki Kebo Kenongo alias Dasum Diva Atmaya (70) merupakan salah satu pawang ular di Kabupaten Sumedang. Pria yang sudah berkecimpung dalam dunia ‘perularan’ sejak 1970-an ini ternyata pernah melatih Kopassus.

Dilansir detikJabar, dari keahliannya menjinakkan berbagai jenis ular tersebut, warga Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, ini bahkan pernah dipercaya melatih sejumlah prajurit Komando Pasukan Khusus atau Kopassus TNI Angkatan Darat di Batujajar.

Ki Kebo Kenongo atau yang akrab disapa dengan Ki Kebo menyebut momen itu terjadi sekitar 1986. Saat itu ia dipanggil oleh satuan pasukan elite tersebut untuk membantu dalam pelatihan survival atau bertahan hidup di dalam hutan.

“Jadi kalau Kopassus itu kan ada latihan survival, mereka harus bertahan hidup di dalam hutan hanya dengan dibekali alat seadanya,” ungkap Ki Kebo kepada detikJabar belum lama ini.

Salah satu latihannya, sambung Ki Kebo, adalah cara menghadapi atau bertemu ular di dalam hutan.

“Jadi kalau demi bertahan hidup itu hewan apa pun bisa jadi makanan, termasuk ular, nah ini yang diajarkan bagaimana cara bersentuhan langsung dengan ular baik yang berbisa ataupun tidak,” ujarnya. ***

Artikulli paraprakPrancis Maju ke Semifinal Usai Taklukkan Inggris 2-1
Artikulli tjetërPesantren Ramah Anak Dideklarasikan di Malang untuk Lindungi Santri

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.