JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami jumlah harta kekayaan pegawai di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub. Hal tersebut lantaran harta kekayaan mereka mendapat sorotan dari warganet.

“Beberapa dari masyarakat kita sedang dalami yang Setneg dan Hubla,” terang Pahala Nainggolan selaku Deputi Pencegahan KPK, Jumat (31/03/2023).

Pahala menyampaikan akan bekerja sama dengan inspektorat di dua lembaga instansi pemerintah.

“Itu kita kerja sama dengan inspektorat,” ujarnya.

Sebagai informasi, sorotan warganet ditujukan kepada Kasubbag Administrasi Kendaraan Biro Umum, Esha Rahmansah Abrar gara-gara istrinya kerap membagikan video yang memamerkan gaya hidup mewah.

Beberapa foto hasil tangkapan video tersebut lalu diunggah akun Twitter @PartaiSocmed Esha Abrar. Kemensetneg telah menonaktifkan Esha Abrar dari jabatannya dan telah membentuk tim untuk mengecek harta kekayaannya. Hal serupa terjadi paa Rizki Alamasyah, pegawai Ditjen Hubla Kemenhub. Dia disorot lantaran istrinya memamerkan harta kekayaan yang janggal di media sosial. Sang istri mempertontonkan naik mobil Pajero dan BMW. Padahal dalam LHKPN Rizki hanya memiliki mobil Honda Freed. Kemenhub akhirnya memutuskan untuk menonaktifkan Rizky untuk mempermudah pemeriksaan.