Beranda News Kepala Desa Kemuning Berinovasi Melalui Program Dana Desa

Kepala Desa Kemuning Berinovasi Melalui Program Dana Desa

pelitaindonews, Bram Itam – Disaat sejumlah masyarakat di Wilayah Kecamatan Lain Kab,Tanjabbar, kesulitan air bersih ketika musim kemarau, sebagian masyarakat di Desa Kemuning Kec,Bram Itam justru terlihat tenang. Itu dikarenakan hampir seluruh dari rumah warga sudah teraliri air bersih,  yang dikelola secara Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) sejak tahun 2019 lalu.

“Program air bersih ini merupakan program desa untuk seluruh rumah warganya yang Anggarannya bersumber dari Dana Desa,kata Kepala Desa Kemuning Abdul Ghani S.Pd.I kepada wartawan di Posko Covid 19 Desa kemuning, Selasa 25/05/21.

Abdul Gani mengatakan rasa bersyukur dibarengi kegembiraan kini mulai dirasakan oleh warganya. Maklum, dengan adanya program dana desa itu masyarakat Desa Kemuning bisa menikmati air bersih untuk di gunakan, seperti untuk mencuci baju,mandi dan lain sebagainya.

“Jadi, program ini telah berjalan kurang lebih 2 tahun dan air yang mengalir ke rumah warga sumbernya berasal dari sumur bor yang telah mendapat Apresiasi oleh Camat Bram Itam, Hendry Ponda”.

Selain biaya nya lebih murah dan Efisien air yang berasal dari sumur bor milik desa itu juga mengalir 24 jam. “Saat ini kami sudah memiliki beberapa sumur bor, dan sudah mengaliri kurang lebih dari 50 puluhan rumah warga di Desa Kemuning. Dan dalam waktu dekat ini akan di tambah di lagi sumur bor tersebut,” ujar Abdul Gani, Kades Kemuning.

Dijelaskannya, hambatan terbesar pendistribusian air tersebut ia persoalan listrik. “Selagi listrik menyala air bisa mengalir 24 jam. Alhamdulillah dimusim kemarau kebutuhan air bersih masih terpenuhi. Dan untuk biaya nya rata-rata warga cukup membayar antara Rp 15 ribu Rupiah perbulan,”terangnya.

Kades menargetkan, jika dalam kurun waktu 1 sampai 2 tahun ke depan seluruh warga di Desa Kemuning bisa menikmati air bersih dari BUMDes. “Dari Dua dusun, memang ada 2 RT yang belum teraliri air bersih RT 02 dan 03 ,dan BUMDes ini, sedangkan 2 RT tersebut sedang dalam tahap perencanaan, di tahun 2021, Apabila listrik sudah teraliri kedesa, kami anggarkan Kembali dan instalasi perpipaan.

Kemudian akan dilanjutkan ke rumah warga yang belum teraliri air bersih bebernya.

Selain penyediaan air bersih, BUMDes Desa Kemuning juga mengelola penyediaan isi ulang dan gas Elpiji.

(Yusbae)

Artikulli paraprakOTT Diduga Pungli, Propam Polri Amankan Oknum Polisi
Artikulli tjetërKetua TP PKK hadiri Rakor Pengelolaan Posyandu Tahun 2021

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.