Kebakaran Hebat Terjadi di Komplek Balai Kota Bandung

Kompleks Balai Kota Bandung Terbakar

BANDUNG (pelitaindo.news) – Kebakaran hebat terjadi di Kompleks kantor Walikota Bandung di Jalan Wastukencana No.2, Kota Bandung, Senin (7/11/2022) sekitar pukul 10.30 WIB. Api diduga berasal dari lantai satu Gedung Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung.

Dinas Pemadam Kebakaran dan dan Penaggulangan Bencana Kota Bandung menurunkan 16 unit kendaraan pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang melalap gedung tersebut. Saat ini api sudah bisa dikendalikan dan sedang dalam tahap pendinginan untuk mencegah munculnya titik api lagi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A Brilyana

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A Brilyana menduga banyak dokumen yang terbakar. ”Tapi kita masih ada back up digital,” kata dia, dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Yayan memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sebagian dokumen bisa diselamatkan. “Barang-barang dinas yang berat kebanyakan tidak terselamatkan. Saat api muncul lalu terdengar bunyi letupan, semua pegawai langsung keluar,” kata dia.

Yayan mengatakan, dokumen yang berhasil diselamatkan akan dipindahkan ke gedung milik pemerintah kota Bandung di Jalan Tamansari. “Di sana kita punya bangunan bekas rumah ketua dewan. Pindah ke sana. Gedung yang terbakar ini akan langsung dibangun kira-kira 4-5 bulan,” kata dia.

Yayan mengatakan, Wali Kota Bandung sudah memerintahkan untuk mewaspadai kejadian serupa. Bagian Umum juga diminta melakukan pemeriksaan instalasi listrik berkala. “Semua instalasi dicek, lalu apar juga harus dipastikan apakah bisa digunakan atau tidak,” kata dia.

Gedung Bapelitbang tersebut masih dalam gedung yang sama dengan Bandung Planning Galleri (BPG) di kompleks Balai Kota Bandung. Gedung BPG saat ini merupakan tempat pelayanan sewa tanah pada Badan Keuangan Aset Daerah Kota Bandung. Lokasi Gedung Bapelitbang tersebut tak jauh dari bangunan gedung yang menjadi tempat kerja Wali Kota Bandung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, belum bisa menyebutkan penyebab kebakaran tersebut. Pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kebakaran akan dilakukan oleh Laboratorium Forensik.

“Nanti yang mengetahui penyebab kebakaran adalah bagian Laboratorium Forensik,” kata dia, dikutip dari keterangannya, Senin 7 November 2022.

Awin mengatakan, polisi akan memeriksa tempat kejadian dan beberapa orang terkait kebakaran tersebut. “Iya seperti biasanya kami olah TKP dan kami akan periksa beberapa orang atau banyak orang yang ada di sekitar TKP,” kata dia. (*)