JRA Brebes Gelar Harlah ke-5

JRA Brebes memperingati harlah dan doa bersama kepada para praktisi yang telah lebih dahulu berpulang kepada Sang Ilahi

BREBES (pelitaindo.news) – Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Team Lintang Sanga Brebes menyelenggarakan peringatan hari lahir (Harlah) ke-5 dengan tema “Ruqyah Semangat Indonesia Sehat” pada Rabu (1/3/2023) di Gedung Pertemuan Kantor PCNU Brebes Jl. Yos Soedarso No. 36 Brebes. Hal ini tidak lain merupakan syiar JRA dalam memasifkan gerakannya di Kabupaten Brebes.

Disebutkan bahwa Jam’iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) sendiri telah ada sejak 2013 namun masih mengalami penyempurnaan secara organisasi. Nama Jam’iyyah Ruqyah Aswaja disahkan dan berbadan hukum dengan terbitnya SK Kemenhunkam RI No. AHU-0013492.AH.01.04.tahun 2017. Dan ditetapkan menjadi Harlah JRA. Secara organisasi, JRA sendiri akhirnya resmi menjadi lembaga di bawah naungan Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU).

Dalam pelaksanaan Harlah JRA ke-5 kali ini dilakukan dengan beberapa kegiatan termasuk antaranya dengan memperingati harlah dan doa bersama kepada para praktisi yang telah lebih dahulu berpulang kepada sang ilahi. Kemudian dalam acara ini turut dihadiri Rois Syuriyah PBNU KH Subhan Makmun, Rais Syuriyah PCNU KH Hudallah Karim, Rais Tanfidziyah PCNU KH Sholahuddin Masruri, Katib PCNU KH. Nuriman Ali.

Ketua PC JRA Brebes Ustadz Didi Nurdiansyah menyampaikan semoga JRA lebih bersinergi dengan PCNU, LDNU Brebes untuk berdakwah kepada masyarakat Brebes dengan dakwah bil ruqyah ala annahdiyah bisa bermanfaat dan diterima masyarakat secara luas.

Lebih lanjut, Adanya JRA ini sebagai tameng untuk mencegah berbagai kesesatan yang terjadi diruqyah-ruqyah yang dilakukan oleh kelompok Wahabi.

“Kegiatan JRA di Kabupaten Brebes telah masif dilaksanakan perkecamatan setiap pada hari minggu setiap bulannya dengan pembacaan rattibul Haddad dan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, dan ruqyah massal adalah tempat kami berdakwah agar masyarakat mengenal Al-Quran bukan hanya sebagai bacaan melainkan juga sebagai Syifa’ (pengobatan),” paparnya.

Sementara, Ketua LDNU Brebes Ustadz Muhammad Mawardi menyampaikan, semoga peringatan Harlah JRA ke-5 ini semakin bertambah praktisinya dan melayani masyarakat serta dakwah Bil Al-Quran sebagai tawassul meminta kesembuhan penyakit hati maupun penyakit lahiriah.

“PC JRA Team lintang Sanga Brebes rutin melaksanakan kegiatan ruqyah dengan melakukan pembacaan Ratibul Haddad kepada masyarakat secara istiqamah dengan berdoa kepada Allah SWT agar rezekinya dilancarkan dan dengan ruqyah massal masyarakat lebih terjaga pula kesehatan jasmaniyahnya,” pungkasnya.

(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus/LTN NU PCNU Brebes)