Akhmad Sururi Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua HIMASAL Wanasari

Musyawarah Anak Cabang HIMASAL Wanasari memilih Akhmad Sururi sebagai Ketua masa khidmat 2024 – 2029

BREBES (Aswajanews.id) – Bertempat di kediaman KH Madlori tepatnya kompleks masjid Jami Darussalam desa Tegalgandu Kec Wanasari Kab Brebes Musyawarah Anak Cabang HIMASAL Kec Wanasari memilih Akhmad Sururi sebagai Ketua untuk masa khidmat 2024 – 2029. Seluruh peserta mendapuk Akhmad Sururi untuk bersedia menjadi Ketua sebagai bagian khidmat untuk Pesantren Lirboyo.

Sebelumnya KH Madlori selaku Ketua masa khidmat 2019 – 2024 menyampaikan laporan pertanggungjawaban sebagai Pengurus HIMASAL yang menjadi ketentuan formal dalam organisasi.  Makdori mengatakan kedepan kita membutuhkan sosok pemimpin HIMASAL di Kec Wanasari yang.memiliki kemampuan menjerial yang membawa kemajuan pergerakan alumni.

“Kita membutuhkan figur Ketua yang bisa membawa pergerakan untuk kemajuan organisasi. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dan memiliki jaringan yang bisa membawa kebesaran HIMASAL. Oleh karena itu kita harapkan dengan pemahaman yang sama demi kemaslahatan perkumpulan kita,” kata KH Makdlori yang baru saja  sebagai Penasehat PC HIMASAL beberapa hari yang lalu.

Menyambung dari H Makdlori selaku sesepuh alumni Lirboyo,Kyai Imam Ghozali mengusulkan Akhmad Sururi menjadi ketua, Syafruddin sebagai sekretaris dan Kyai Nur Sofan didaulat menempati bendahara. Usulan tersebut disepakati oleh seluruh alumni yang hadir dalam musyawarah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Akhmad Sururi menyampaikan bahwa menjadi pengurus secara etika pesantren tidak kita minta, akan tetapi kalau diminta untuk berkhidmat maka harus siap.” Berkhidmah bagi saya menjadi keterpanggilan nurani untuk bersama memperkuat HIMASAL Wanasari. Oleh karena itu jadikan perkumpulan ini, (HIMASAL) menjadi rumah besar seluruh alumni tua dan muda untuk berkhidmat dan berkontribusi untuk HIMASAL,” kata Akhmad Sururi.

“Program kegiatan untuk kemaslahatan dan kemajuan organisasi mari kita dukung bersama. Buatlah argumentasi positif dan langkah untuk mewujudkan program secara bersama. Kita satukan tekad untuk saling menjaga ukhuwah antar alumni demi kebesaran HIMASAL,” lanjut Sekretaris MWC NU Wanasari.

“Kita bisa belajar dengan HIMASAL Kec Ketanggungan dan Kersana dengan program unggulan ngaji Hikam dengan melibatkan komunitas alumni Pesantren selain dari Lirboyo. Disinilah akan terwujud ukhuwah antar alumni lintas Pesantren sehingga akan memperkuat barisan pergerakan Pesantren dalam rangka dakwah Islamiah di tengah tengah masyarakat Brebes,” pungkas alumni Lirboyo Kediri angkatan tahun 2000.

Mewakili alumni muda, Tobandi menyambut dengan gembira atas terpilihnya Akhmad Sururi secara aklamasi. ” Kami sangat berharap kepada ketua baru dapat melakukan pergerakan ekspansi pada lembaga pendidikan formal. Lebih dari itu masyarakat yang membutuhkan pencerahan keagamaan juga perlu kita sentuh. Banyak potensi alumni Lirboyo yang bisa kita terjunkan untuk kegiatan kemasyarakatan,” usul Tobandi yang sehari hari menjadi Staf Pengajar pada SMK Ma’arif NU Larangan.

Menanggapi hal tersebut, Akhmad Sururi selaku ketua terpilih mengatakan akan melakukan koordinasi dengan PC HIMASAL yang baru. “Usulan yang sangat bagus ini nanti kita rembug bersama di tingkat PAC dan kita koordinasikan dengan Pengurus Cabang yang baru. Kita turut prihatin dengan kondisi pemahaman keagamaan peserta didik pada lembaga pendidikan formal yang sangat minim. Oleh karena itu kedepan coba kita usulkan kepada PC HIMASAL untuk melakukan MoU dengan Dinas Pendidikan dan instansi lainnya,” imbuh Akhmad Sururi.

Musancab Himpunan Alumni Santri Lirboyo yang dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Juni 2024 dihadiri oleh alumni Lirboyo wilayah Kec Wanasari. Turut hadir dalam acara tersebut, KH Makdlori selaku Penasehat, Imam Ghozali mewakili alumni sepuh dan beberapa alumni muda dari beberapa desa di Kec Wanasari. *(Red)

www.youtube.com/@anas-aswaja