Tiga pimpinan OPD Jajaran Pemkap Cilacap akan memasuki masa purna tugas per 1 Mei 2022.

JAKARTA – Ahmad Doli Kurnia Tandjung selaku Wakil Ketua Umum Partai Golkar menegaskan, pihaknya terus mendorong Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden (capres). Sampai saat ini, belum ada wacana untuk menjadikan Ketua Umum Partai Golkar itu sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Belum (membahas Airlangga jadi cawapres), jadi sampai sekarang kami masih konsisten bahwa Pak Airlangga jadi calon presiden,” ujar Doli di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/03/2023).

Meskipun terus mendorong Airlangga sebagai capres, Partai Golkar menghargai Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mengusulkan sosok tertentu. Menurutnya, pembahasan capres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan dibahas pada chapter terakhir.

“Jadi kita kan sekarang ini sedang menjajaki, mencari format yang terbaik buat kepentingan bangsa dan negara. Jadi semuanya masih kita runding-rundingkan dengan semua elite dan pimpinan partai politik,” ujar Doli.

Doli juga mengatakan adanya arahan dari Muhammad Jusuf Kalla (JK) kepada Airlangga dalam acara buka bersama yang digelar Partai Nasdem. Salah satu arahannya adalah terkait koalisi besar untuk Pilpres 2024.

“Saya kira pasti ya, senior-senior itu kan mempunyai pandangan, saran, masukan, tapi semua masukan saran dan pandangan dari senior-senior itu pasti at the end akan dibicarakan,” ujar Doli.

Airlangga sendiri hadir dalam acara buka bersama yang dihadiri Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Adapun koalisi besar yang adalah kerja sama antara banyak partai politik untuk menghadapi Pilpres 2024.

“Jadi dalam pembicaraan itu kan memang namanya membangun kerja sama, tidak bisa sekali ketemu, banyak yang diperbincangkan didiskusikan untuk menyamakan visi dan platform itu. Jadi diskusinya panjang dan bisa berkali-kali,” ujar Doli.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan bahwa Koalisi Perubahan untuk Persatuan masih membuka pintu bagi partai politik lain yang ingin bergabung. Termasuk Partai Golkar, yang mana sang Ketua Umumnya Airlangga hadir dalam acara buka puasa bersama yang digelar Partai Nasdem.

Kepada Partai Golkar dan partai politik lain, ia menyampaikan ajakannya lewat sebuah pantun. “Bunga selasih di perempatan, rindang daunnya warna kehijauan. Mumpung masih ada kesempatan, mari bergabung di Koalisi Perubahan,” ujar Aboe di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Sabtu (25/03/2023) malam.

Kendati demikian, ia memandang baik hadirnya Airlangga dalam acara buka puasa bersama yang digelar Partai Nasdem. Menurutnya, itu merupakan bentuk keindahan antara para elite bangsa dalam mengutamakan kebersamaan.

“Ada obrolan-obrolan enak yang berkembang situasi politik, kita dengar saja nanti apakah Komisi III, Komisi XI yang melanjutkan atau ada pansus atau tidak dan sebagainya. Ada obrolan yang sifatnya selayang pandang,” ujar Aboe.