Beranda Sosialisasi Tim Penggerak PKK Kota Cimahi Menggelar Rapat Koordinasi Tahun 2024

Tim Penggerak PKK Kota Cimahi Menggelar Rapat Koordinasi Tahun 2024

Ketua TP PKK Kota Cimahi, Diah Utami Muhammad

CIMAHI (Pelitaindo.news) – Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Cimahi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahun 2024 yang bertempat, di Alam Wisata Cimahi (AWC), Jln Kolonel Masturi KM 4 No. 157, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (9/10). Adapun para pihak yang hadir dalam memenuhi kegiatan rapat koordinasi tersebut, Asisten 1Kota Cimahi, Mardi Santoso, Kepala Dinas DP3AP2KB, Ketua Penggerak PKK Kota Cimahi, para pengurus PKK dari masing-masing tingkatan; baik Tingkat Kelurahan, Kecamatan maupun tingkat Kota se-kota Cimahi dan para OPD terkait.

Ketua TP PKK Kota Cimahi, Diah Utami Muhammad mengungkapkan   kegiatan Rapat koordinasi tahun 2024 untuk mensingkronkan antara program dari PKK dengan dinas dinas pengampu sehingga kegiatan dalam program kerja kedepan lebih sinergis sesuai dengan kebutuhan Pokja PKK masing-masing dan berdampak langsung terhadap masyarakat.

Dimana termaktub, beberapa isue,atau topic pembicaraan yang tentunya dikemas secara khusus, sebagaimana  acara rutinitas tahunan, ungkap Dyah Dicky Istri Pj Walikota Cimahi: yang meliputi; 1). Pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga. 2). Penguatan Ketahanan Keluarga. 3). Kesehatan Keluarga dan lingkungan 4). Modernisasi organisasi PKK.

Ketika dikonfirmasi berkaitan dengan hal-hal yang urgen saat ini yang dilakukan PKK di Kota Cimahi, Dyah sapaan akrabnya, menuturkan langkah kecil dari rumah semisal, bagaimana kita dapat mengurangi timbunan sampahnya; terus dari volume sampah yang dibuang ketempat pembuangan sementara  maupun akhir. Jadi dari situlah kita di ajak untuk melakukan pemilahan sampah, mana yang organik dan anorganik. Yang anorganik bisa kita salurkan kebank sampah untuk diolah lagi, sementara yang organik diolah oleh rumah tangga masing-masing. Salah satunya dengan pengkomposan, jadi masing-masing rumah tangga bisa mengolahnya dengan sistem komposting (ember kompos). Itulah yang kita dorong kepada para kader kader kita.

Terus, berkaitan dengan topik “Modernisasi Organisasi PKK”, yang digaungkan beliaupun menuturkan bahwa kedepan bagaimana mereka bisa berorganisasi dengan baik dan profesional.

“Supaya lebih profesional kami butuh para pengampu yang akan membantu dalam pembinaan dan kemudian membantu mereka dalam pelatihan, membantu mereka akan lebih ke sumber daya dan dana. Maka itulah kita adakan rapat koordinasi seperti ini, mereka dapat menjalankan program kerja di area Pokjanya masing-masing, serta bisa berkoordinasi dengan sumber daya dan sumber dana yang ada di dinas pengampu, sehingga jadi sinkron,” paparnya.

Sembari memberi angin segar akan potensi PKK yang luar biasa, yang ada di kota Cimahi, semasa pimpinannya. Kiranya dengan kolaborasi yang baik di kemudian hari bisa mewujudkan sumber daya kedalam kesejahteraan keluarga yang nyata di Kota Cimahi.

“Semoga kegiatan rakor terus berlanjut setiap tahunnya, terus dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan ke arah yang lebih baik. Dimana terus terpelihara koordinasi dan sinergitas antar Pokja PKK dengan dinas-dinas pengampu,” harapnya.

Kepala Dinas, DP3AP2 KB, dr. Fitriani Manan, MKM di sela-sela kegiatan menyampaikan pagelaran rapat koordinasi untuk mensinergikan program PKK dengan pemerintah Kota Cimahi. PKK adalah mitra-mitra dari pemerintah kota. Semua kegiatan pemerintah kota, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membutuhkan  dari PKK. Oleh karena itu, kegiatan ini harus disinergikan dan kita menghadirkan juga OPD. Para pengampu OPD yang kemudian dibagi dan para OPD yang akan mendampingi dan dilanjutkan ke pokja.

Semisal, ungkap Fitri dari Dinas Kesehatan dia harus mengirim 4 peserta karena berkaitan dengan pokja, pokja satu, dua, tiga maupun empat kehadiran mereka bisa memberikan masukkan dan program apa saja yang memang melibatkan PKK. Jadi disinilah terjadinya sinergitas.

“Presentasi sampah menjadi salah satu point seperti diungkapkan ketua Penggerak PKK diatas dan itu yang terus kita galahkan. Kiranya PKK bisa menjadi mitra kerja pemerintah Kota Cimahi yang betul optimal dalam pemberdayaan keluarga,” ujarnya. (Sinto)

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.