SMPN 1 Kedokanbunder Adakan Pameran Pentas Seni dan Bazar

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Dalam rangka upaya melestarikan kesenian tradisional, SMPN 1 Kedokanbunder Senin (20/03/2023) mengadakan pameran pentas seni dan bazar yang dilaksanakan di lapangan sekolah SMPN 1 Kedokanbunder, pentas seni dan bazar tersebut diramaikan oleh sekolah sekolah sekitar seperti SMK Bintang sembilan Kedokanbunder, SMK Fatahilah Gegesik Cirebon, SMK NU kelautan Kaplongan, dan SMK Pelita Jatibarang, upaya menggali potensi siswa dalam bidang seni dan kreasi.

Pentas seni atau disingkat pensi adalah sebutan untuk acara yang terdiri dari beberapa seni pertunjukan yang umumnya diselenggarakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Pentas seni diadakan sebagai sarana pengembangan bakat, minat dan daya cipta siswa sekolah. Pentas seni umumnya dilakukan di atas panggung. Seni pertunjukan yang ditampilkan terdiri dari seni musik, pembacaan puisi, tari dan juga teater.

Kegiatan pembelajaran itu merupakan implementasi Kurikulum Merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kedokanbunder H. Madakir mengatakan Kurikulum Kerdeka merupakan kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Salah satu pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka adalah dilakukannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

“Kegiatan ini merupakan implementasi Kurikulum Merdeka yang mempersyaratkan dimana tiap sekolah harus melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, salah satunya bentuk kegiatan adalah kegiatan pentas seni,” kata H. Madakir usai seminar pendidikan yang ditemui di SMP Negeri 1 Kedokanbunder, Senin (20/03).

H. Madakir mengatakan tujuan dilaksanakannya gebyar pentas seni adalah untuk menyalurkan bakat minat anak tentang kesenian dan kewirausahaan.

“Diharapkan dalam kegiatan ini akan memberikan pengaruh positif bagi seluruh siswa siswi dengan mewujudkan kemandirian, inovatif, kerjasama dan kreatifitas,” ujarnya.

Berbagai kegiatan ditampilkan dalam Gebyar Pentas Seni yang dilaksanakan 20 maret 2023 yakni penampilan tari kolosal lintas nusantara dari siswa dan siswi SMP Negeri 1 Kedokanbunder, panggung apresiasi, lomba tari kreasi daerah, drama kolosal, bazar dan seminar pendidikan.

Dalam rangkaian kegiatan itu, H. Madakir menyampaikan terimakasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak sehingga acara pentas seni dapat dilaksanakan. Pada kegiatan seminar pendidikan, para peserta seminar diundang dari perwakilan pelajar SMP Negeri SMK se kabupaten Indramayu.

“Kita memberikan materi seminar pendidikan terkait literasi Seni. Respon mereka sangat antusias dengan mereka mementaskan drama dan tari,” pungkasnya. (Herman/Tongol)