Beranda Daerah Sekda Sumedang Didaulat Sebagai Narasumber Bintek PMRB

Sekda Sumedang Didaulat Sebagai Narasumber Bintek PMRB

Modusinvestigasi.Online, Sumedang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMRB) Bagi Agen Perubahan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kegiatan yang digelar di Swiss Bel Hotel Bogor diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari para agen perubahan dilintas SKPD dan Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, Rabu malam, (2/5/2021).

Dalam paparannya, Sekda berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang reformasi birokrasi dengan mengangkat tema “Road to The Great Performance Toward Sumedang World Class Government”.

Ia menyampaikan, ada beberapa kebijakan dan target-target kinerja yang harus dicapai dalam mendorong reformasi birokrasi di Kabupaten Bekasi dimana tujuan akhirnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya lihat ada keinginan kuat dari Kabupaten Bekasi untuk berubah. Saya sangat yakin reformasi birokrasi di Kabupaten Bekasi kedepan akan jauh lebih baik dan bersama-sama Kabupaten Sumedang menjadi Kabupaten paling depan di Jawa Barat dan Indonesia,” ungkap Sekda.

Sekda menyampaikan, salah satu alasan  Kabupaten Bekasi mengundangnya hadir sebagai pembicara karena  dilatarbelakangi oleh progres perjalanan reformasi birokrasi di Sumedang yang dinilai relatif cukup baik.

Hal ini, kata Sekda, bisa dilihat dari  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Sumedang yang mengalami lompatan signifikan, dari urutan dua puluh tujuh atau paling akhir menjadi di urutan kelima nasional.

Tak hanya itu, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Sumedang juga mengalami hal yang sama, sebelumnya berada dibawah rata rata nasional tetapi saat ini peringkat kesatu ditingkat nasional.

Kemudian, sistem merit pengelolaan pegawai, sebelumnya Kabupaten Sumedang berada di bawah sekarang menjadi yang terbaik ditingkat nasional untuk kategori kabupaten.

“Saya kira itu bagian dari progres kabupaten Sumedang, tentu yang pertama kuncinya dari Sumedang itu adalah komitmen pimpinan, kemudian kerja keras jajaran ASN. Hasilnya Alhamdulillah, untuk banyak hal kita menjadi contoh,” pungkasnya.

(Ade MS)

Tinggalkan Balasan