Rencanakan Kegiatan Tahun Baru Islam, Pemda Brebes Gandeng PD DMI

Audiensi dan silaturahmi PD DMI Kab Brebes PD DMI Kab Brebes dengan Sekda Brebes, Kamis (20/6/2024)

BREBES (pelitaindo.news) – Rombongan pengurus baru PD DMI Kab Brebes masa khidmat 2024 – 2029 melakukan audiensi dengan Sekda Brebes Ir Joko Gunawan, MT pada hari Kamis, 20 Juni 2024. Rombongan terdiri dari Ketua, Imam Dardiri, wakil Ketua, H Bahrul Ulum dan H Mabruri, Sekretaris Akhmad Sururi, bendahara H Muhlason dan wakil bendahara H Tobroni. Audiensi yang berlangsung di ruang sekda berlangsung dengan santai dan suasana keakraban.

“Kami dari jajaran PD DMI Kab Brebes pertama bermaksud silaturahmi sekaligus memperkenalkan jajaran kepengurusan baru. Kedua memohon kepada Bapak Sekda untuk berkenan memberikan arahan untuk kemajuan DMI di Brebes. Selanjutnya kami berharap sinergitas DMI dan Pemerintah Daerah Brebes dalam rangka memakmurkan masjid,” kata Akhmad Sururi selaku sekretaris PD DMI Kab Brebes saat membuka silaturahmi dan audiensi.

Ketua PD DMI Kab Brebes, Kyai Imam Dardiri dihadapkan Sekda Brebes menyampaikan rencana kegiatan Tahun Baru Islam yang akan dipusatkan di masjid Agung Brebes. “Insya Alloh kami PD DMI Kab Brebes akan menyelenggarakan kegiatan tahun baru hijriah di masjid agung Brebes sekaligus santunan yatim piatu. Kegiatan tersebut akan dimulai pada Sabtu pagi dengan semaan Qur’an 30 juz, untuk sore harinya pembacaan doa akhir tahun dilanjutkan setelah magrib doa awal tahun. Adapun santunan yatim piatu akan dilaksanakan ba’da isya,” ungkap Kyai Imam.

Dalam kesempatan tersebut, Ir Joko Gunawan, MT selaku Sekda Brebes menyambut dengan hangat dan bahagia atas kedatangan Pengurus DMI Brebes. “Semoga DMI bisa mewujudkan masjid yang makmur. Kita bisa belajar di masjid Jogokariyan dan masjid lainnya yang sudah maju. Bagaimana masjid itu bisa menjadikan nyaman bagi jamaah. Hal itu tentu kondisi fisik bangunan juga harus menjadi perhatian,” kata Ir H Joko Gunawan.

“Untuk kegiatan tahun baru Islam apa yang disampaikan oleh Ketua DMI sangat setuju. Dan ini bisa berkolaborasi dengan Bagian Kesra Setda. Berbagai rencana rangkaian kegiatan tersebut nanti secara teknis bisa dirembug bareng dengan bagian kesra,” tutur Pak Sekda dihadapkan Pengurus DMI.

“Karena tahun ini (2024) DMI masuk ulang tahun yang ke-52, maka sebagai momentum untuk santunan nanti diberikan kepada 52 anak yatim piatu. Jadi agar acara memperingati hari tahun baru Islam memiliki korelasi dengan usia DMI ya yang berdiri pada tahun 1972. Nanti segera kordinasi dengan bagian Kesra,” imbuh H. Joko Gunawan.

Pada saat pertemuan tersebut, Pak Sekda Brebes langsung memanggil Plh Kabag Kesra Mas Faiq bersama dengan Pak Nadzirin. Selaku Plh Kabag Kesra, Mas Faiq mengatakan siap berkolaborasi dengan DMI Brebes. “Sudah lama kita menyelenggarakan kegiatan Tahun Baru Islam yang sejak covid. Oleh karena itu menjadi kesempatan peringatan tahun Baru Islam kita bisa menggandeng PD DMI Kab Brebes.Adapun untuk teknis rangkaian kegiatan nanti dalam waktu cepat kita rembug kembali,” kata Mas Faiq.

Ikut hadir pada acara audiensi dan silaturahmi dengan Sekda Brebes, wakil ketua DMI Brebes, H Bahrul Ulum, M.Si, H Mabruri, SH, H Muhlason dan H Tobroni selaku wakil ketua H Bahrul Ulum, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rencana pengukuhan PD DMI Kab Brebes yang akan dilaksanakan pada 3 Juli 2024. *(Red/Nas)

www.youtube.com/@anas-aswaja