Beranda Nasional PPKM Resmi Dicabut, Pemerintah Tetap Himbau Masyarakat Terapkan Prokes

PPKM Resmi Dicabut, Pemerintah Tetap Himbau Masyarakat Terapkan Prokes

Bupati Garut, Rudy Gunawan

GARUT (pelitaindo.news) – Pemerintah Pusat telah resmi menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia. Hal ini tercantum dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada Masa Transisi Menuju Endemi.

Meski aturan PPKM telah dicabut, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, hingga tetap mengimplementasikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi tat kala memasuki fasilitas publik.

Selain itu, dalam Inmendagri ini juga masyarakat didorong untuk tetap melakukan vaksinasi dosis primer (dosis 1 dan 2) dan dosis lanjutan (booster) secara mandiri maupun terpusat di tempat-tempat umum.

Gubernur, Bupati, dan Wali Kota pun diinstruksikan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan secara ketat terhadap pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayahnya, termasuk melakukan asesmen indikator Covid-19 untuk menilai laju penularan dan kapasitas respon.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, Sabtu (31/12/2022) menyatakan, setelah adanya pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPMK) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pihaknya menegaskan bahwa Satgas Covid-19 khususnya di Kabupaten Garut tidak dibubarkan dan akan tetap memberikan arahan bilamana terdapat keramaian yang cukup banyak di ruangan tertutup.

“Kalau di ruangan terbuka itu tidak jadi masalah sudah dalam keadaan normal, tapi di tertutup kita tetap normal tapi menggunakan masker, jadi nanti akan ada pemberitahuan-pemberitahuan misalnya sekarang kalau mau menggunakan gedung yang milik pemerintah daerah misalnya Islamic Center,” katanya. (Diskominfo)

Artikulli paraprakUniversitas Yarsi Bakal Kirim Dokter Muda Belajar di RSUD Arjawinangun
Artikulli tjetërSatpol PP Garut Bongkar Gudang Penyimpanan Minuman Beralkohol Siap Diedarkan

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.