INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Madani yang terletak di Desa Bongas Kabupaten Indramayu Jawa Barat, kini terus berupaya mewujudkan kualitas Pendidikan Non Formal yang lebih baik.

Pada pembelajaran tahun 2023 terlihat, Yayasan PKBM Insan Madani gencar melakukan berbagai kegiatan baik itu sosialisasi maupun aktifitas belajar mengajar bersama Warga Belajar.

“Saat ini kami tengah fokus bagaimana meningkatkan kinerja dan kualitas PKBM Insan Madani agar jauh lebih baik dari sebelumnya,” ungkap H. Uswandi selaku pengelola saat dijumpai tim pelitaindo.news di kediamanya, pada Senin (08/05/2023).

PKBM yang bernaung di Yayasan Insan Madani ini, memiliki jadwal berbeda dari lembaga lainnya yakni waktu pembelajaran dilakukan setiap hari Senin – Selasa pada malam hari. Hal ini tentunya, tidak mengganggu aktifitas para Warga Belajar.

“Sengaja memilih waktu di malam hari supaya tidak mengganggu aktifitas warga belajar, karena tentunya warga belajar juga ada yang sudah bekerja,” ungkapnya.

Adapun Visi, Misi, Motto dan Tujuan PKBM Insan Madani ialah sebagai berikut :

VISI

Terwujudnya Masyarakat Madani (civil society) dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (human resources).

MISI

  1. Mencerdaskan dan Memberdayakan Masyarakat
  2. Meningkatan Kualitas Hidup
  3. Meningkatan Kesejahteraan Masyarakat
  4. Meningkatkan Keberaksaraan Masyarakat
  5. Meningkatkan Kemampuan Iman, Taqwa (Imtaq) dan Ilmu Pengetahuan (Iptek)

MOTTO

Belajar Tidak Mengenal Batasan Usia (long life education), Strata Ekonomi, dan Perbedaan (discrimination) Lainnya.

TUJUAN

Membentuk Masyarakat Madani (Civil society) yang berilmu pengetahuan, berakhlak karimah. (Sanaji)