Pj Bupati Dani Ramdan pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jaya 2023 di lapangan Plaza Pemkab Bekasi, Senin (17/04/2023)

KABUPATEN BEKASI (pelitaindo.news) – Pj Bupati Dani Ramdan pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jaya 2023 di lapangan Plaza Pemkab Bekasi, Senin (17/04/2023) sore.

Apel diikuti berbagai unsur seperti Forkopimda, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI, Pramuka, dan unsur lainnya untuk mempersiapkan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo melalui sambutan yang dibacakan Pj Bupati Bupati Dani Ramdan menjelaskan, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk mengoptimalkan pengamanan melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

“Operasi ini telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) tanggal 10 sampai dengan 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 sampai dengan 9 Mei 2023,” katanya.

Dirinya menyebutkan, yang tergabung dalam Operasi Ketupat Jaya 2023 ada 710 personil terdiri dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Damkar, Pramuka serta mitra Kabtimas.

“Ada 14 pos seperti pos pengamanan, pos pelayanan terpadu serta pos cek poin, setiap pos di isi 15 personil gabungan,” beber Dani.

Dani mengatakan, dalam pendirian operasi Pos selalu bersinergi dengan Polres seperti Pos Pam maupun Pos Gabungan selalu bersama-sama untuk mengisi pos perlengkapan serta lainya.

“Walaupun tetap komandonya ada di Pak Kapolres sebagai leading sektor, tetapi kita mendukung operasi ini agar berjalan dengan lancar serta baik,” harapnya.

Dirinya menghimbau kepada para Camat serta Kepala Desa/Lurah agar meminta RT dan RW mencatat rumah-rumah yang ditinggalkan mudik serta lakukan Siskamling Patroli secara rutin.

“Kalau bisa kerjasama dengan Babinkamtibmas serta Babinsa agar pengawasan di daerah pemukiman khusunya rumah-rumah yang ditinggalkan mudik ini tetap dalam pengamanan yang baik,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Dani Ramdan bersama Forkopimda mengecek kesiapan personil dan kendaraan dinas yang akan digunakan selama Operasi Ketupat Jaya 2023.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol, Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan, dari Polres Metro Bekasi menerjunkan sebanyak 442 personil untuk mengamankan arus mudik dan arus balik mudik lebaran.

“Diantarnya pos pengamanan, pelayanan terpadu untuk rest area serta cek poin yang berada di Kedungwaringin,” katanya.

Twedi menjelaskan, untuk titik pengamanan diantaranya di Indoporland, Pos Pam Gedung Juang, Simpang Legenda Tambun, PT Bridon, Ganda Suka, Sentra Grosir Cikarang (SGC), Pasar Cibitung, Kedungwaringin, Tegaldanas, rest area tol km 19 dan 39.

“Untuk fasilitas Pos Pam ini seperti menerima laporan apabila masyarakat ada gangguan, ada peta untuk petunjuk arah serta nomer darurat bila dibutuhkan seperti kendaraan yang bermasalah (mogok) serta bantuan untuk kendaraan apabila kehabisan bahan bakar,” pungkasnya. (*)