Pesta Rakyat “Mapag Sri”, Pemdes Tulungagung Gelar Khitanan Massal

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungagung Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu Jawa  Barat Gelar khitanan massal dalam rangka “Mapag Sri,” yang dilaksanakan rutin setiap tahun.

Kuwu Desa Tulungagung, Hj.Hartinih yang dikonfirmasi Pelitaindo.news, Jumat (28/04/2023 ) kepada tim media Ia mengungkapkan, dalam acara Mapag Sri yang merupakan adat desa setempat ini selain diisi dengan sunatan massal, juga dimeriahkan oleh Singa Depok, Organ Dangdut “Nada Purnama” dan pagelaran sandiwara ”Aneka Tunggal” tujuannya dari upacara untuk mempertahankan tradisi adat masyarakat petani, juga menjadi sarana mengungkapkan rasa syukur atas berkah yang diberikan Sang Khaliq, karena tanaman padi tumbuh subur.

Menurutnya, banyak hikmah yang didapat dari upacara Mapag Sri. Selain nilai nilai gotong royong tetap terjaga, terjalin keakraban dan keluargaan antar warga. Kegiatan khitanan massal itu dilaksanakan sebagai bentuk perhatian Pemdes kepada masyarakat.

“Acara pesta rakyat yang berlangsung selama dua hari :Tanggal 28 – 29 April 2023. dilaksanakan dengan pembiayaan yang bersumber dari pendapatan asli desa (PAD),” ujarnya.

Ketua BPD Kadiri mengatakan, Alhamdulillah tahun ini ada 22 anak mendaftar untuk  ikut acara sunatan massal hari ini dan mereka  masyarakat Desa Tulungagung.

“Dari semua anak yang dikhitan masing- masing mendapatkan satu stel busana muslim serta uang saku,” katanya. (Prapto)