Peringatan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama Dihadiri Jutaan Jamaah

Jutaan jamaah datang dari berbagai kota di Indonesia ke Sidoarjo memadati lokasi Puncak Resepsi 1 Abad NU Sidoarjo di GOR Delta. Bahkan, pada dini hari para jamaah telah memadati ruas Jalan Pahlawan, Sidoarjo

SIDOARJO (pelitaindo.news) – Peringatan Nahdlatul Ulama 1 Abad NU Sidoarjo 2023 berlangsung pada hari ini Selasa, 7 Februari 2023. Peringatan hari lahir atau harlah NU 1 Abad ini dihadiri oleh jutaan jamaah.

Jutaan jamaah datang dari berbagai kota di Indonesia ke Sidoarjo. Jamaah memadati lokasi acara Puncak Resepsi 1 Abad NU Sidoarjo di GOR Delta. Bahkan, pada dini hari tadi para jamaah telah memadati ruas Jalan Pahlawan, Sidoarjo.

Para jamaah duduk dengan tertib dengan menggunakan alas plastik. Mereka terlihat duduk di sepanjang Jalan Pahlawan dua arah, dan mulai dari pertigaan Babalayar. Para jamaah yang hadir memadati jalan hingga ke lokasi tempat diselenggarakannya Harlah 1 Abad NU Sidoarjo.

Lantaran tak bisa menuju lokasi Harlah 1 Abad NU, beberapa jamaah akhirnya memutuskan untuk melihat berlangsungnya acara melalui live streaming di pertigaan Babalayar. Peringatan ini berlangsung selama 24 jam, yang dimulai dari dini hari dengan acara Lailatul Qiroah pada pukul 00.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah, dan bershalawat bersama hingga pukul 07.00 WIB.

Tak hanya masyarakah Nahdiyah saja yang hadir, beberapa tokoh penting pun hadir di acara peringatan 1 abad NU tersebut.

Presiden Jokowi terlihat hadir dalam acara peringatan hari lahir atau Harlah 1 Abad NU. Orang nomor satu di Indonesia ini memberikan sambutan di acara tersebut. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa NU telah memberikan pengaruh positif bagi ke Indonesiaan, keberagaman, dan kerukunan beragama.

Dikatakan Presiden Jokowi, memasuki abad kedua kiprah NU, diharapkan dapat tumbuh semakin kokoh. Selain itu, Jokowi juga berharap jika NU akan terus menjadi teladan dalam memberikan contoh hidup beradab Islam yang baik, dan berkeislaman yang moderat.

Hal lainnya, NU diharapkan mampu mendorong adat ketimuran dan akhlakul kharimah, unggah-ungguh, tata krama, adab yang baik, dan etika yang baik. Serta menjaga persatuan, menjaga toleransi, mengikuti perkembangan zaman, dan menjaga kegotoroyongan.

Presiden RI menambahkan, jika organisasi NU ini layak untuk berkontribusi untuk masyarakat inetrnasional. Dan pemerintah akan sangat menghargai jika NU mau ikut membangun peradaban dunia yang lebih mulia dan lebih baik.

Selain Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menkopolhukam Mahfud Md, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Gubernur Provinsi Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa, dan tokoh lainnya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi yang menghibur jamaah Nahdliyin yang hadir. Ada Rhoma Irama, Slank, dan Maher Zein yang akan tampil di acara tersebut dengan membawakan beberpa lagu. Selain itu, acara tersebut juga akan diramaikan dengan bazar UMKM dan pawai. Acara ini akan berakhir pada Selasa (7/2/2023) pada pukul 23.59 WIB.

Alasan Harlah 1 Abad NU Digelar di Sidoarjo

Pemilihan Sidoarjo menjadi tempat perayaan puncak Harlah 1 Abad NU bukan tanpa alasan. Wakil Sekretaris Jenderal PBNU atau Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Rahmat Hidayat Pulung mengungkapkan, bahwa Sidoarjo adalah tempat yang memiliki ikatan kuat dengan NU.

Salah satunya yakni sebagai tempat belajarnya pendiri NU yakni Kiai Hasyim Asy’ari. Syaikh Muhammad Kholil Bangkalan dan Kiai Hasyim Asy’ari diketahui pernah belajar di Sidoarjo. Kedua ulama NU tersebut pernah menempuh Pendidikan di Pondok Pesantren Siwalan Panji.

Oleh karena itu, Rahmat mengatakan penyelenggaraan acara Harlah 1 Abad NU ini agar bisa mendapatkan berkah dari para pendiri NU dan guru-guru beliau.

Hal tersebut telah sesuai dengan semangat yang digelorakan oleh KH Yahya Cholil Staquf selaku Ketua Umum PBNU. Dalam menyambut 1 Abad NU, beliau mengatakan harus diniatkan untuk mengambil berkah yang sebanyak-banyaknya.

Rahmat pun kembali mengajak seluruh jamaah Nahdliyin agar bersama-sama memperbarui niat dalam menghadiri resepsi 1 Abad NU Sidoarjo ini untuk mengambil berkah. ***