Beranda Pendidikan MTs Negeri 3 Bandung Persiapkan Generasi Berkualitas

MTs Negeri 3 Bandung Persiapkan Generasi Berkualitas

H. Ni’matulloh, S.Pd, M.Ag., Kepala MTs Negeri 3 Bandung

BANDUNG (pelitaindo.news) – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Bandung adalah salah satu dari 3 madrasah negeri yang ada di Kabupaten Bandung. Lokasinya berada di lingkungan pegunungan Kawasan Bandung Timur, tepatnya di Jalan Cihanyir Ciluluk No. 16 Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung.

MTs sebagai Lembaga Pendidikan formal setara SMP di bawah naungan Kementerian Agama memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan sekolah umum lainnya. Madrasah lebih mementingkan pendidikan moral atau akhlak yang mampu mencetak generasi sholih-sholihah. Penekanan pendidikan akhlak merupakan sebuah upaya madrasah dalam menjaga moral generasi sekarang yang telah mengalami penurunan. Itulah sebabnya madrasah mulai diminati masyarakat. Animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah sangat tinggi.

Selain kegiatan akademis, di MTs Negeri 3 Bandung telah menyediakan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Dibidang bela negara ada Paskibra, Pramuka dan PMR. Di bidang olahraga ada kegiatan futsal, volley, basket dan beladiri pencaksilat yang telah memberikan banyak prestasi.

Di bidang akademi, ada MTK club, English club, social club, sains club dan Indonesian club. Di bidang kesenian, ada tari tradisional, marawis, marching band dan tata boga. Selain itu untuk melatih siswa dalam berorganisasi di sekolah ada wadah yang disebut OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah.

Persiapan MTs Negeri 3 Bandung untuk meraih Penghargaan Adiwiyata

MTs Negeri 3 Bandung dengan status TERAKREDITASI Peringkat A, saat ini memiliki siswa sebanyak 872 dan 52 tenaga pengajar professional yang kompeten di bidangnya serta dibantu oleh 8 orang tenaga administrasi.

Dibawah kepemimpinan H. Ni’matulloh, S.Pd, M.Ag. yang menjabat sebagai kepala madrasah sejak 5 Desember 2018, MTs Negeri 3 Bandung mengalami kemajuan yang pesat. Banyak perubahan yang telah beliau capai mulai dari bidang Kurikulum, Kesiswaan, Kehumasan serta sarana dan prasarana.

Pada awal tahun 2020 belaiu berhasil membangun 1 ruang Tim WebSite MTsN 3 Bandung. Lab. Komputer, di bawah kepemimpinan beliaulah guru, siswa dan TU di dorong untuk melek Teknologi informasi.

Starting point kepemimpinan H. Ni’matulloh adalah merubah mind set para stake holder, di awali dari para guru dan TU beserta staf bahwa kalau ingin maju maka wajib melihat ke depan, kalaupun harus melihat kebelakang hanyalah untuk mengambil langkah pacu untuk meloncat yang lebih jauh, kalaun bisa terjadi akselerasi yang fantastis, beliau mengusung prinsip “Semua orang adalah penting, tapi jangan menganggap diri paling penting”  beliau mempunyai pemikiran bahwa sekolah adalah sebuah sistem satu kesatuan yang utuh antara Guru, siswa, orang tua, tenaga pendidik dan masyarakat,

Beliau mengaharapkan MTs Negeri 3 Bandung menjadi yang terbaik dengan slogan We are not number one but We are the First. Hal ini di buktikan tahun 2020 sampai dengan 2022 MTs N 3 Bandung bekerjasama dengan Lembaga Pemerintah Amerika Serikat Peace Corp dengan mendatangkan guru bahasa Inggris sebagai Native speaker.

Dalam memanage Madrasah beliau bekerja keras bagaimana 8 standar pendidikan dapat dilaksankan demi mewujudkan madrasah yang hebat dan bermartabat, salah satu action plan yang di lakukan adalah TADZKIROH (Tunjukan dengan Keteladanan, Ajarkan dengan Pembiasaan, Dengarkan Keluhan, Zakiyatun Nafs, Kenali diri, Implementasikan dalam Perbuatan, Ruhul Jidah, Organisasikan dengan baik, Hidupkan Hati).

Di sekolah yang mempunyai slogan TERAMPIL yaitu tertib, religious, amanah, prestatif, ilmiah dan berbasis akhlaqul karimah serta berwawasan lingkungan. Saat ini tengah mempersiapkan diri untuk meraih Penghargaan Adiwiyata yaitu penghargaan yang diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS (peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah), yaitu aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. *(Nas/Elisa Nurasri)

Artikulli paraprakLakukan Pengendalian Gratifikasi pada Pemerintah Desa Bupati Minta Perbaiki Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa
Artikulli tjetërMeriahkan HUT RI ke-77, Warga RW 10 Kelurahan Pelindung Hewan Kota Bandung Gelar Beragam Perlombaan

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.