Beranda Seni Budaya dan Pariwisata Kemeriahan Peringatan HUT Cirebon ke-653, Membawa Tema “Cirebon Ngobeng Yuh”

Kemeriahan Peringatan HUT Cirebon ke-653, Membawa Tema “Cirebon Ngobeng Yuh”

Peringatan HUT Kota Cirebon ke-653 tahun ini dengan mengambil Tema "Cirebon Ngobeng Yuh" adalah Cirebon bersama, saling membantu dalam pemulihan pasca pandemi covid-19.

CIREBON (pelitaindo.news) – Budaya Indonesia – Hari jadi kota Cirebon yang jatuh pada tanggal 1 Muharram 1444 H atau 30 Juli 2022 diselenggarakan secara meriah sejak tanggal 27 Juli sampai 31 Juli Nanti. Dengan berbagai kegiatan yaitu pentas seni, job fair, Cirebon bersholawat, Kirab jiarah ke makam Sunan Gunung Jati dari Balaikota Cirebon dan ditutup dengan Lomba Lari Marathon Cirebon 10 KM pada hari minggu nanti, Jumat (29/7/2022).

Peringatan HUT Kota Cirebon ke-653 tahun ini dengan mengambil Tema “Cirebon Ngobeng Yuh” adalah Cirebon bersama, saling membantu dalam pemulihan pasca pandemi covid-19.
Walikota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis. SH menyebutkan rangkaian kegiatan tetap mengusung aspek lokalitas atau tradisional religiusreligius yang akan akan dikombinasikan dengan aspek modernitas, diantaranya aksi sosial, kuliner, hingga pergelaran Budaya Nusantara.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Jadi ke-653 Cirebon dan Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022, Kadini, S.Sos. menyatakan Ada beberapa hal yang berbeda dalam peringatan Hari Jadi Cirebon pada tahun ini, Hari Jum’at 29 Juli 2022 akan dilaksanakan Kirab Jiarah Ke Makam Sunan Gunung Jati.

“Setelah shalat Ashar di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, menuju komplek Makam Sunan Gunung Jati dengan jalan kaki dalam gelaran kirab,” katanya.

Sementara itu malam satu Suro /1 Muharram akan dilaksanakan agenda Rutin setiap tahun yaitu Tradisi tahunan pembacaan Babad Cirebon yang merefleksikan sejarah berdiri Kota Cirebon, Jawa Barat.

“Pembacaan Babad Cirebon digelar setiap 1 Muharam. Pada tanggal 1 Muharam pun ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Cirebon. Hari ini, Kota Cirebon berusia 653tahun,” pungkasnya.

Sementara itu Walikota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, SH dalam sambutannya menyampaikan.

Tradisi pembacaan Babad Cirebon akan digelar pada tanggal 30 Juli sabtu malam di Bangsal Witana Keraton Kanoman Cirebon. Tempat tersebut berupa pendopo yang menjadi tanda berdirinya Cirebon. Babad Cirebon dibacakan oleh Pangeran Kumisi Keraton Kanoman, Seusai tradisi pembacaan babad dilanjutkan dengan arak-arakan Kereta Paksi Nagaliman, dari Keraton Kanoman menuju Astana Gunung Sembung di Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, hanya untuk tahun ini seperti tahun lalu tidak akan dilaksanakan arak arakan kereta Paksi Nagaliman untuk mencegah Kerumunan. sedangkan sebagai Acara Puncak HUT ke 653 adalah  Pagelaran Puncak Sang Cipta Rasa di Alun-Alun Sangkala Buana pada Minggu malam (31 Juli). Demikian disampaikan Walikota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, SH. (Rdj)

Artikulli paraprakBupati Ajak Warga Tinggikan Toleransi
Artikulli tjetërBupati Indramayu Antusias Sambut Kedatangan 409 Jamaah Haji Kloter 17

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.