Ibu hamil hingga Calon Pengantin Menjadi Target Intervensi TPPS

Wabup Sukabumi Iyos Somantri saat melakukan pemantauan lapangan di Kecamatan Cikakak untuk melihat langsung intervensi TPPS setempat untuk menurunkan angka stunting. ANTARA

SUKABUMI (pelitaindo.news) – Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan ibu hamil, bayi dan balita hingga calon pengantin menjadi target utama intervensi dari tim percepatan penurunan stunting (TPPS) dalam upaya mencegah timbulnya kasus baru dan menurunkan angka stunting.

“Ibu hamil, bayi, balita hingga calon pengantin menjadi target utama intervensi percepatan penanganan dan penurunan stunting bertujuan untuk meminimalkan potensi munculnya kasus baru,” katanya di Sukabumi, Jumat (28/6/2024).

Menurut Iyos, TPPS yang sudah dibentuk di setiap kecamatan harus jeli dan akurat dalam melakukan pendataan terhadap keberadaan ibu hamil, bayi, balita serta calon pengantin.

Dengan memiliki data yang akurat maka penanganan lebih cepat dan efektif serta intervensi pun tepat sasaran. Ia mencontohkan jika ada ibu hamil yang mengalami kurang energi kronis (KEK) maupun anemia, kemudian ditemukan adanya bayi atau balita yang berpotensi atau sudah positif stunting yang ditandai dengan kurang gizi bahkan bisa langsung diberikan intervensi sesuai dengan kebutuhan. *(Red)

www.youtube.com/@anas-aswaja