Calon Pengantin KUA Kota Cirebon Dibekali Pemahaman tentang HIV/AIDS

Kursus calon pengantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lemahwungkuk pada Kamis (22/12)

KOTA CIREBON (pelitaindo.news) – Sebanyak 6 pasang calon pengantin Kota Cirebon mengikuti kursus calon pengantin, bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lemahwungkuk pada Kamis (22/12).

Mereka diberikan sejumlah pengetahuan yang akan berguna dalam mengarungi bahtera rumah tangga, salah satunya tentang penyakit AIDS. AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang menggambarkan berbagai gejala dan infeksi terkait menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Koordinator Lapangan (Korlap) Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Cirebon Edi Cahyadi mengatakan bahwa penularan AIDS terjadi melalui dua cara.

 “Penularan AIDS hanya melalui dua cara. Pertama, jarum tajam. Jadi jarum yang digunakan tidak boleh bergantian, dan harus steril serta sekali pakai. Kedua, melalui cairan seperti cairan sperma, vagina, darah dan air susu,” ucapnya.

Edi menambahkan bahwa perilaku hidup sehat dan melakukan seks dengan satu pasangan dapat menghindarkan diri dari AIDS. Pemakaian alat kontrasepsi yang tepat pun dapat menghindarkan diri dari penyakit tersebut.

“Sampai sejauh ini, hanya kondom yang menjadi alat kontrasepsi paling efektif dalam mencegah penularan AIDS,” ucapnya.

Untuk lebih merasa yakin dalam membina rumah tangga, dirinya mengimbau para catin untuk melakukan tes AIDS. Tes ini dapat dilakukan di puskesmas mana pun secara gratis.

“Jika ingin mencari informasi terkait AIDS, saya sarankan untuk tidak sembarang membaca berita di internet, apalagi berita yang tidak valid sumbernya. Jika memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut, konsultasikan dengan KPAD,” pungkasnya. (Kontributor : Haji Arif Arofah)