Beranda TNI-POLRI Bangun Sistem Pendidikan Berstandar Nasional, TNI AD Lakukan Adaptasi Kurikulum Pendidikan

Bangun Sistem Pendidikan Berstandar Nasional, TNI AD Lakukan Adaptasi Kurikulum Pendidikan

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, menyambut sekaligus mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., pada acara Sidang Dewan Pendidikan TNI AD

BANDUNG (pelitaindo.news) – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, menyambut sekaligus mendampingi Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., pada acara Sidang Dewan Pendidikan TNI AD.

Kehadiran Kasad turut didampingi Aspers Kasad, Paban 4/Bindik Spersad, Paban 1/Ren Spersad dan Paban 1/Renprogar Srenad.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut Kasad membuka secara resmi  Sidang Dewan Pendidikan TNI AD, dengan tema “Membangun Sistem Pendidikan TNI AD Berstandar Nasional Guna Mewujudkan Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD Yang Unggul”, berlangsung di Gedung Muhammad Toha Kodiklatad Jl. Aceh No. 50 Kota Bandung, Kamis (22/12/2022).

TNI AD akan melakukan adaptasi Sistem Pendidikan sesuai tuntutan Era Globalisasi, agar terwujud kesetaraan Pendidikan.

Terkait hal itu, maka TNI AD melakukan Transformasi Kurikulum Pendidikan dan evaluasi secara menyeluruh terhadap Kurikulum di semua Pusat Pendidikan TNI AD.

Dalam paparannya yang berjudul Revitalisasi Pendidikan TNI AD di era Disrupsi, Kasad mengatakan bahwa era tersebut memiliki ciri Volatility atau sulit ditebak, uncertainty atau ketidakpastian, Complexity atau kompleksitas dan ambiguity atau ketidakjelasan. Maka TNI AD harus menyiapkan diri dan beradaptasi dalam melaksanakan tantangan tugas yang semakin komplek.

Terkait itu maka TNI AD harus menyiapkan sumber daya manusia melalui penyesuaian terhadap pola pendidikannya. Penyesuaian tersebut diantaranya dengan melakukan perubahan pada budaya organisasi di lembaga pendidikan, pengembangan metode belajar serta peningkatan kualitas komponen pendidikan.

Lebih lanjut dikatakan Kasad, pendidikan merupakan proses yang tidak terputus yang dilakukan tidak hanya di lembaga pendidikan tetapi juga selama penugasan di satuan.

“Dengan dilakukannya inovasi, penyesuaian materi dan kurikulum pendidikan, prajurit tidak hanya memperoleh ilmu militer, tapi juga ilmu di luar ilmu militer yang akan menjadi bekal dalam bertugas. Dengan demikian diharapkan TNI AD semakin siap dan adaptif melaksanakan tantangan tugas,” tegas Kasad.

Sidang Wandik dihadiri oleh Dankodiklatad, Wadan Kodiklatad, Ir Kodiklatad, Wair Kodiklatad, Para Dir dan para Paban Jajaran Kodiklatad, Dan/Dir/Ka Balakpus TNI AD, para Pangkotama seluruh Indonesia, para Direktur Lemdikpus, para Danpusdik Jajaran Kodiklatad, para Danpusdik Balakpus TNI AD, para Direktur Balakpus TNI AD serta para Danrindam seluruh Kodam. *(Tarunah/Elisa Nurasri)

Artikulli paraprakKejari Pekalongan Musnahkan Barang Bukti Perkara Tindak Pidana Umum
Artikulli tjetërIsi Libur Anak Sekolah, Satgas Yonif Raider 142/KJ Galakkan Perpustakaan Keliling

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.