Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan

Hari ini, Sabtu (02/03/2024), ditandai dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2024 yang akan berlangsung di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai tanggal 4 sampai 17 Maret 2024. Operasi ini bertujuan meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, serta menurunkan angka fatalitas korban laka lantas.

Dalam operasi ini, sebanyak 2.600 personil terlibat, dengan rincian 532 personil dari satgas Polda Jabar dan 2.068 personil dari satgas Polres Jajaran. Konsep Operasi Kepolisian Keselamatan Lodaya 2024 menitikberatkan pada kegiatan preemtif (40%), preventif (40%), dan penegakan hukum (20%) guna mewujudkan situasi Kamseltibcar Lantas yang aman, nyaman, dan selamat.

Sasaran operasi ini meliputi kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan, kendaraan yang tidak standar pabrikan, serta penggunaan helm SNI. Kegiatan preemtif dilakukan melalui penyuluhan dan himbauan lantas melalui berbagai media, sedangkan kegiatan preventif berupa turjawali, pengawasan, dan pelayanan masyarakat.

Tidak hanya itu, Polda Jabar juga melaksanakan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait keselamatan di jalan. Diharapkan dengan kerjasama semua pihak, kesadaran dan keselamatan lalu lintas di jalan dapat meningkat secara signifikan.
(DS)