Warga Kampung Pilar Minta Pj Bupati Bekasi Selesaikan Konflik Agraria

Modusinvestigasi.Online, Bekasi – Forum Warga Pilar Tertindas (Forwapti) meminta penjabat bupati Bekasi yang baru dilantik kemarin (22/7) segera bertindak dalam konflik agraria di Kampung Pilar, Cikarang Utara.

Kepala Bidang Kajian Strategis Landreform Forwapti, Yoga Rindang, mengatakan Pemkab Bekasi seharusnya ikut andil pada penyelesaian konflik itu.

Apalagi, lanjtnya, warga membuat lembaga ad hoc yang dipimpin langsung Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

“Dengan dilantiknya pj bupati Bekasi yang dilangsungkan kemarin, seharusnya Bupati memprioritaskan hal yang lebih strategis, seperti melaksanakan Landreform dengan cara membentuk Ini lembaganya membentuk,” kata dia, Jumat (23/7/2021).

Yoga mengatakan lembaga ini harus memiliki otoritas penuh untuk melakukan pendaftaran, peninjauan hingga pencabutan izin, sehingga dapat melaksanakan reformasi agraria secara lebih efektif dan tepat sasaran.

“Lembaga ini harus kredibel, lembaga ini juga harus dipimpin oleh kepala Daerah dengan kewenangannya, maka masalah lintas sektoral itu bisa diambil keputusannya,” kata yoga.

Mewakili Forwapti, dia mengucapkan selamat atas dilantiknya pelantikan Dani Ramdan menggantikan Eka Supria Atmaja.

“Selamat sudah menjadi pemimpin di Kabupaten Bekasi, walaupun hanya berstatus penganti. Hal tersebut tak terlepas dari tanggung jawab seorang pemimpin yang harus siap menderita dikarenakan rakyatnya, ” tutup dia.

(Zaky/MI)