Beranda Nasional Wapres: Berkurban dengan Hewan yang Terpapar PMK Hukumnya Tidak Sah

Wapres: Berkurban dengan Hewan yang Terpapar PMK Hukumnya Tidak Sah

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin

JAKARTA (Pelitaindo.news) – Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin mengingatkan umat muslim untuk menyiapkan hewan kurban yang tidak terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Pasalnya, kata Ma’ruf Amin, berkurban dengan hewan ternak yang terpapar PMK, tidak sah.

Ma’ruf menyebut, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad, yakni sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan, ada ulama yang mewajibkan ini karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

“Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban,” tutur Ma’ruf dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/7/2022).

Terkait PMK pada hewan ternak saat ini, Ma’ruf mengimbau kepada para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf juga menjelaskan bahwa Hari Raya Iduladha yang juga disebut sebagai Hari Raya Kurban, mengandung makna sosial.

Umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban seperti kambing, sapi, atau unta yang dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurutnya, menyembelih hewan kurban selain merupakan wujud pelaksanaan tuntunan agama, juga mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama, apalagi pascapandemi seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Wapres juga mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha. Ia berharap, perayaan Iduladha kali ini semakin mempererat persaudaraan sesama manusia.

“Selamat Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, semoga perayaan Iduladha ini dapat semakin meningkatkan keimanan, ketaatan, dan kepatuhan kita kepada Allah SWT,” ucap Wapres.

“Dan di tengah pandemi Covid-19 ini, semoga semangat berkurban akan semakin mempererat persaudaraan antara sesama manusia,” doanya.

Sebagai informasi, Wapres beserta istri, Wury Ma’ruf Amin merayakan Hari Raya Iduladha 1443 H ini di tanah suci Makkah sembari melaksanakan ibadah haji.

Wapres dan Wury berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini setelah mendapatkan undangan khusus dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. (*)

Artikulli paraprakKemenag Dukung Polisi Tuntaskan Kasus Tersangka Pencabulan di Jombang
Artikulli tjetërWarga Kampung Cisarongge Pagaden Lestarikan Tradisi Hajat Babarik

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.