Tunggu Keputusan Pusat, Hari Ini PPKM Bogor Turun Level atau Tidak

Modusinvestigasi.Online, Bogor – Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengaku belum bisa memastikan apakah program ganjil genap di wilayahnya bakal diperpanjang atau tidak.

Meski saat ini status zona Covid-19 di Kota Hujan sudah turun ke zona orange, dari semula zona merah.

“Nanti kita lihat hasilnya tanggal 16 ini (besok), apakah kita bertahan di PPKM level 4 atau turun ke level 3, kita lihat,” kata Kapolresta.

“Karena kan aturan level berbeda, maka dengan perbedaan aturan di level 4 dan 3 itu akan mempengaruhi terhadap pola-pola pengaturan mobilitas di masyarakat,” sambungnya.

Disinggung jika status PPKM Kota Bogor turun ke level 3 apakah program ganjil genap tetap dilanjutkan atau diganti dengan yang lain, Kapolresta kembali mengaku belum bisa memutuskannya.

“Mungkin kita akan lihat apakah ganjil genap kita lakukan penyekatan di pinggir jalan atau di kerumunannya,” ucapnya.

“(atau) Kita juga akan melakukan inovasi lain bagaimana melakukan mobilitas berbasis kesadaran masyarakat,” imbuh Kapolresta.

“Ini yang sedang kita pikirkan lagi ke depan agar hasil-hasilnya lebih baik. Tetap Prokes tetapi ekonomi berjalan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Ia mengaku belum bisa memastikan apakah program ganjil genap di wilayahnya akan diperpanjang atau tidak.

“Untuk zona sekarang sudah orange, namun belum masuk level 3 karena aglomerasinya masil level 4. Tapi kita optimis levelnya akan membaik,” kata Bima.

“(Saat ini) Kita berharap unit-unit ekonomi di relaksasi terutama cafe, restoran, mal, tempat olahraga dan fasilitas publik lainnya sambil kita kuatkan terus pemberian vaksin dan Prokes,” ujarnya.

Sebelumnya, Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Bogor kembali memperpanjang program ganjil genap di wilayahnya. Keputusan ini diambil menyusul Kota Bogor saat ini masih berada di status PPKM Level 4 hingga Senin (16/8) mendatang.

Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya menuturkan, program ganjil genap ini masih berjalan sepekan ke depan.

“(Keputusan ganjil genap diperpanjang) ini juga hasil koordinasi dengan pak Kapolresta. Masih dilakukan (berlaku) tiap hari sampai tanggal 16 Agustus,” kata Bima.

(Vhe/MI)