SMP Negeri 3 Cimenyan Kab Bandung Berbenah Menuju Sekolah Unggulan

SMP Negeri 3 Cimenyan yang berlokasi di Jl. Awiligar Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

BANDUNG (Pelitaindo.news) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Cimenyan yang berlokasi di Jl. Awiligar Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung berdiri pada tahun 2016. Secara geografis, sekolah tersebut berada di daerah perbukitan dengan ketinggian 700-1.200 m di atas permukaan laut yang berdekatan dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Saat ini sekolah tersebut dipimpin oleh Kasek Ibrahim Ruliyadi, S.Pd.,M.Pd. Beliau dilantik menjadi Kepala Sekolah (Kasek) di SMP Negeri 3 Cimenyan pada tanggal 31 Desember 2021. Sebelumnya beliau adalah Wakasek di SMP Negeri 1 Cimenyan.

Meski baru beberapa bulan menjabat sebagai Kasek, Ibrahim sudah menunjukkan beberapa prestasi dan kemajuan pembangunan yang telah dicapai di sekolah tersebut. Mulai dari perbaikan sarana prasarana sekolah, menata halaman sekolah, membuat taman, gapura, pengerasan jalan dan pembangunan sarana ibadah yang sebelumnya tidak ada.

Ibrahim Ruliyadi mengatakan, agar siswa dapat belajar nyaman di sekolah dibutuhkan sarana dan prasarana sekolah yang memadai. Lingkungan sekolah yang tertata dengan baik, hijau indah asri akan membuat siswa betah dan nyaman belajar di sekolah.

“Siswa perlu ruang kelas yang bersih. Siswa perlu halaman untuk bermain dan berolah raga. Sekolah juga harus menyediakan energi listrik untuk keperluan belajar. Listrik untuk penerangan. Listrik untuk menyediakan air. Juga listrik untuk menghidupkan peralatan yang diperlukan selama belajar,” ujarnya.

SMP Negeri 3 Cimenyan mampu bersaing dengan sekolah terkemuka dan sekolah setaraf lainnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih di bidang akademik dan non akademik. SMP Negeri 3 Cimenyan telah banyak menjuarai event yang diadakan di tingkat Kecamatan, Kabupaten dan tingkat Kota Bandung.

SMP Negeri 3 Cimenyan yang berlokasi di Jl. Awiligar Kelurahan Cibeunying Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Visi Sekolah : Berkarakter Mulia, Maju dalam Prestasi, Kokoh dalam Budaya, Terdepan dalam Langkah Kreatif

Misi Sekolah :

  1. Menyelenggarakan pembiasaan literasi Al Qur’an
  2. Meningkatkan prestasi akademik serta persentase kelulusan
  3. Melaksanakan dan mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  4. Melaksanakan inovasi pembelajaran
  5. Melaksanakan supervisi, monitoring proses pembelajaran dan pembinaan terhadap guru dan tenaga kependidikan laiinnya.
  6. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan kompetensi SDM pendidik dan tenaga kependidikan yang dilandasi semangat meraih keunggulan untuk seluruh warga sekolah
  7. Menggali dan menumbuhkembangkan potensi, prestasi dan kreativitas guru dan siswa secara optimal dalam bidang akademik dan non akademik, serta mengikutsertakan siswa dalam lomba-lomba baik akademik maupun non akademik
  8. Melaksanakan penataan lingkungan sekolah dan optimalisasi pendayagunaan ruang, lahan dan fasilitas sekolah lainnya menuju sekolah berbudaya lingkungan (SBL)
  9. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah serta penambahan ruang kelas baru (RKB)
  10. Menerapkan ajaran agama dan menumbuhkembangkan budaya disiplin dan kerjasama serta sikap terpuji dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah sebagai budaya sekolah
  11. Menerapkan manajemen partisipatif dalam pelaksanaan program-program sekolah mengembangkan jaringan informasi intern sekolah dan jalinan kerjasama antar warga sekolah, alumni, masyarakat, instansi terkait dan stakeholder Pendidikan lainnya.

*(Elisa Nurasri/Red)