Situ Ciburuy, Destinasi Wisata Air di Bandung Barat

SITU Ciburuy salah satu destinasi wisata menarik yang cocok dikunjungi bareng keluarga atau orang terdekat saat akhir pekan maupun hari libur. Selain menikmati pemandangan danau yang asri, ada sederet aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini.

di Situ Ciburuy pengunjung bisa menjelajah seluruh area danau mengunakan perahu dan sepeda air, atau sekedar berjalan santai di tepi danau sambil menikmati indahnya pemandangan. Pengunjung juga bisa menyambangi sebuah pulau kecil yang ada di tengah danau dan di sana dapat menikmati makan siang sambil menikmati pemandangan.

Situ Ciburuy terletak di Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat atau sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bandung.

Situ Ciburuy sudah populer di masyarakat sekitar sejak 1942 atau sebelum Indonesia merdeka. Dulu, danau ini sering dijadikan sebagai lokasi menggelar ritual adat seperti tolak bala. Tapi, kini jadi tempat wisata menarik. Awalnya Danau tersebut adalah dua buah sungai kecil yang ujungnya bertemu di desa Ciburuy.

Kemudian muara tempat bertemunya kedua sungai tersebut dibendung hingga menggenangi wilayah seluas 40 hektar dan airnya diatur untuk pengairan sawah. karena bendungan tersebut berbentuk danau, masyarakat pun memberi nama Situ Ciburuy.

Terlepas dari mitos dan sejarahnya, Situ Ciburuy merupakan objek wisata yang indah. air danaunya yang jernih dikelilingi dengan pepohonan rindang dan menyejukkan mata.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di Situ Ciburuy. Di antaranya naik perahu, berkeliling sekitaran danau. Untuk menaikinya Anda bisa menyewa perahu-perahu kayu di sini, dan soal harga sudah ditentukan masing-masing biaya sewanya.

Tak hanya itu saja, banyak spot-spot menarik di Situ Ciburuy ini yang bisa Anda jadikan tempat berfoto, dengan latar belakang danau serta pemandangan indah lainnya.

Kemudian tidak lengkap rasanya, jika mengunjungi salah satu destinasi wisata tanpa mencicipi kulinernya. Nah di Situ Ciburuy ini Anda bisa mencoba berbagai macam hidangan dari olahan ikan khas tangkapan berasal dari danau.