Sembelih 33 Ekor Sapi Qurban, Hairan Jamin Sesuai Prokes

Modusinvestigasi.Online, Tanjabar – Pemkab Tanjung Jabung Barat akan lakukan penyembelihan sebanyak 33 ekor hewan kurban pada hari raya idul Adha nanti, sejak Selasa (20/7/21).

Sebanyak 33 ekor hewan kurban itu direncanakan penyembelihan dilaksanakan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Tanjab Barat, Jambi.

Wakil bupati Tanjung Jabung Barat, Hairan,SH saat meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat penyembelihan hewan kurban, Rabu (14/7/21).

Ia menjelaskan bahwa, penyembelihan hewan kurban nantinya secara seremonial akan dimulai di halaman gedung pelayanan bersama. Selanjutnya dilaksanakan di lokasi yang telah disiapkan oleh masing-masing OPD.

“Pelaksanaan penyembelihan sebanyak 33 ekor hewan kurban tersebut dijadwalkan pelaksanaannya usai sholat Idul Adha,” ujar Wabup.

Untuk teknis pelaksanaannya sendiri, kata Wabup, saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban nantinya tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Hal tersebut, lanjut Hairan sesuai dengan himbauan Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Dirjen Peternakan Dan Kesehatan Hewan.

“Jadi nanti ada 4 langkah panduan pelaksanaan kegiatan kurban di fasilitas pemotongan yang meliputi, Physical Distancing (Jaga Jarak), Penerapan Higgiene Personal, Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Penerapan Higienis dan Sanitasi,” tandasnya.

(yusbae/MI)