Beranda Daerah Polres Lumajang Sukseskan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI Polri

Polres Lumajang Sukseskan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI Polri

Modusinvestigasi.Online, LUMAJANG – Dalam rangka mendukung program Presiden Jokowi 1 Juta Vaksinasi 1 Hari dan menyambut hari Bhayangkara ke 75, Polres Lumajang menggelar kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI-Polri di Gor Wira Bhakti Lumajang, Sabtu (26/6/2021).

Acara tersebut dihadiri Kapolres Lumajang AKBP  Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si, Ketua DPRD Lumajang H Anang Akhmad Syaifuddin, Karumkit RS Bhayangkara Lumajang AKBP  dr Ananingati, Sp.OG, Ketua Pengadilan Negeri Lumajang Gede Sunarjana, S.H., M.H, Kadinkes Kab Lumajang dr Bayu Wibowo Ignatius.

Dalam pengamanan serbuan vaksinasi nasional ini , Polres Lumajang menerjukan 83 personel untuk melakukan pengamanan di luar maupun di dalam Gor wira Bhakti Lumajang.

Ribuan warga sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 hingga rela mengantri sebelum mendapatkan giliran untuk disuntik vaksin Covid-19.

Vaksinasi kali ini menyasar pada pelayanan publik, mulai dari karyawan perusahaan, perbankan, karyawan toko modern dan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam vaksinasi ini,  Polres Lumajang bekerja sama Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang,  Biddokes Polda Jatim, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya, dalam kegiatan berlangsung Kapolres Lumajang meninjau langsung pelaksanaan vaksin.

Bahkkan Kapolres memberikan himbauan kepada peserta vaksinasi untuk menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

 

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan, kegiatan vaksinasi massal sesuai perintah Presiden  untuk percepatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh TNI-Polri. Hari ini dilakukan serentak di 34 wilayah Polda.

“Hari ini kita melaksanakan serbuan vaksinasi massal dari seluruh Indonesia serentak dilaksanakan dan di pelopori oleh Polri,” ujarnya.

Kapolres Lumajang mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan seluruh pihak Rumah Sakit Bhayangkara, kemudian Kodim 0821 Lumajang, dan Pemkab Lumajang untuk pelaksanaan kegiatan serbuan vaksinasi massal.

“Tentu kita disini prokes yang paling diutamakan,  Prokes harus tetap pertahankan dijaga jangan sampai malah vaksinasi malah menimbulkan kerumunan baru,” tandasnnya.

Eka menyebutkan, Untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini menargetkan ada 2000 orang yang divaksin di Kabupaten Lumajang.

“Hari ini sampai malam kita layani yang penting tidak berkerumun, dengan target sampai 2000 orang warga Lumajang divaksin, ” kata Eka Yekti.

Lanjut kapolres, Untuk Polres Lumajang dan Rumah Sakit Bhayangkara sendiri mulai dari tanggal 8 Juni 2021 sudah mampu menjaring 3 ribu orang yang vaksin.

“Target 2 ribu mudah-mudahan bisa tercapai dengan hari ini, Setelah 1 Juli perintahnya terus melaksanakan vaksinasi terus menerus sehingga target percepatan ini bisa tercapai.” imbuh Eka Yekti.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Lumajang dr Bayu Wibowo Ignatius mengatakan, kegiatan hari ini cukup luar biasa melaksanakan vaksinasi massal.

“Kami dari Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Polres dalam hal ini Polsek untuk melakukan vaksinasi di semua puskesmas. Jadi pada hari ini semua puskesmas melaksanakan dalam target 50 sampai dengan 100 sasaran,” terangnya.

Untuk dropping vaksin covid-19 hingga sampai hari ini semakin lancar. Kemarin pihaknya sudah mendapatkan 10 ribu dosis, sedangkan dari Polres sekitar 6 ribu dosis.

“Jadi kita kedepan dalam seminggu ini kita akan kejar supaya cepat habis dan mendapat dropping lagi,” ujar Bayu.

Kadinkes berpesan agar tetap mematuhi prokes meskipun sudah divaksin, mengingat angka Covid semakin tinggi.

Semenatara itu, Ketua DPRD Lumajang H Anang Akhmad Syaifuddin menjelaskan, vaksinasi ini adalah adalah bentuk kehadiran negara untuk memproteksi masyarakatnya.

Yang pertama yang harus di pahami masyarakat bahwanya vaksinasi ini halal dan aman.

“Kemudian masyarakat harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan mulai dari memakai masker, jagak jarak, cuci tangan, dan menghindari berkerumun sebiasa mungkin untuk melakukan itu,” ujarnya.

Karumkit RS Bhayangkara Lumajang AKBP  dr Ananingati, Sp.OG mengatakan, kegiatan vaksinasi ini merupakan rangkaian HUT Polri yang di mulai 8 Juni sampai 30 Juni 2021.

“Hari ini ada 200 vial, jadi 1 vial untuk 10 orang,” katanya.

Untuk tenaga vaksinator yang disiapkan ada 60 orang terdiri dari Rumah Sakit Bhayangakara, Polres Lumajang, Dinas kesehatan, dan TNI.

“Diharapkan ini suatu rangkaian sehingga perintah bapak Presiden 1 juta perhari bisa di laksanakan,” pungkas Ananingati.

Sementara Paursubbaghumas Ipda Shinta menyampaikan pelaksanaan serbuan vaksinasi yang digelar oleh Polres Lumajang benar-benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sebelum memasuki area peserta di cek suhu tubuh, diwajibkan mencuci tangan menggunakan handsanitizer dan tentunya wajib memakai masker selama pelaksaan kegiatan.” ujar Shinta.

Meskipun jumlahnya ribuan, pihaknya telah mengatur antrian menjadi 4 zona ruang tunggu antrian di lokasi vaksinasi, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat.

“Jadi masyarakat saat antri menunggu panggilan divaksin dibagi menjadi 4 zona, agar jaga jarak benar-benar diterapkan, dan prosesnya tidak membutuhkan waktu lama.” imbuhnya.

Shinta menambahkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi ini juga ramah untuk lansia dan disabilitas, mereka akan diantar oleh petugas khusus selama proses vaksinasi.

(Zamri Bahrudin)

Artikulli paraprakWabup Jember : Ajak Masyarakat Sadar Vaksin Covid-19
Artikulli tjetër378 ASN Pemkot Cimahi Terpapar Covid-19, 75 Persen Pegawai Bekerja di Rumah

Terima kasih atas Koemntar Anda. Ikuti terus kontens portal ini.