Pemkab Sumedang Targetkan 20 Ribu Dosis Vaksin dalam Sehari

Modusinvestigasi.Online, Sumedang – Sebagai upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Sumedang, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menargetkan 20.000 dosis vaksin di 35 Puskesmas di 26 Kecamatan dalam satu hari pelaksanaan.

Demikian disampaikan Sekda  Sumedang Herman Suryatman saat memberikan arahan dalam acara Silaturahmi dan Konsolidasi dengan para Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sumedang di Pendopo IPP, Jum’at (3/9/2021).

Dikatakan Sekda, ikhtiar tersebut agar seluruh masyarakat bisa tervaksinasi 70% dan herd immunity di Kabupaten Sumedang bisa terwujud.

“Tentunya perlu kesiapan dari semua pihak mulai dari para Camat, jajaran Dinas Kesehatan sampau kepala Puskesmas dalam pelaksanaan vaksinasi ini,” ucapnya.

Rencananya, vaksinasi akan dimulai pada hari Selasa  tanggal 7 September 2021 dimana masing- masing Puskesmas di tiap Kecamatan akan diberikan 500 lebih dosis vaksin.

“Insyaallah dalam dua bulan ke depan akan kita akan selesaikan dan kita coba hari Selasa (7/9) dalam satu hari diselesaikan 20.000 dosis vaksin di 35 Puskesmas di 26 Kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, ‘leadership’ dan ‘managerial’ sangatlah diperlukan dalam menghadapi setiap permasalahan termasuk vaksinasi.

“Leadership’ dan manajerial harus keren. Itu dua hal yang harus dimiliki Camat dan Kepala Puskesmas,” kata Sekda Herman.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, Pemerintah Daerah juga tidak bisa bekerja secara parsial karena, selain dua hal tadi,  perlu ada kolaborasi dengan semua komponen dan inovasi agar ada akselerasi.

“Harus ada kolaborasi. Kita tidak bisa bekerja sendiri. Untuk inovasi, vaksinasi kita sudah pakai database, dimana 923 ribu sasaran vaksinasi sudah masuk ke e-office Desa,” pungkasnya.

(Ade MS)