Pastikan Prokes Efektif, Wabup Sumedang Kunjungi Kawasan Industri

pelitaindonews, Sumedang – Guna memastikan Prokes berjalan efektif di lingkungan industri, Senin (13/09), Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mendatangi langsung dua perusahaan di kawasan Cimanggung yakni PT. Kwalram Indonesia  dan PT. Yakjin Jaya Indonesia.

Dalam kunjungannya Wakil Bupati didampingi Kepala Satpol PP Kabupaten Sumedang Bambang Rianto, Camat Cimanggung Dikdik Syeh Rizki dan unsur Forkopimcam,  Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sumedang Jarkasih dan Kabid Hubungan Industrial Empung Purwasih.

General Affairs PT Yakjin Jaya Indonesia Santi Irfianti menyebutkan, selama ini pihaknya terus berusaha menerapkan Prokes dengan baik antara lain dengan memasang handsanitizer otomatis di beberapa titik dan menyiapkan masker di pos jaga bagi pekerja yang lupa saat memasuki kawasan perusahaan.

“Kami juga menyiapkan ruang isolasi sementara serta klinik khusus dengan satu orang dokter dan tiga perawat jika ada pegawai yang sakit atau terpapar Covid. Kita juga sudah menyiapkan beberapa tabung oksigen,” tuturnya.

Ditambahkan Santi, dari 2.900 karyawannya hampir 98 % sudah divaksin dan swab antigen dilakukan sesuai keperluan.

“Karyawan 98% sudah divaksin dan setiap Jumat sekitar dua ratus karyawan dari Korea dan pimpinan perusahaan selalu ditest antigen. Begitupun dengan karyawan yang baru cuti ketika masuk lagi ditest antigen demi keamanan,” katanya.

Di PT Kwalram Indonesia Wabup diterima langsung Masuvathi Ramier Krishnamurty selaku President Director,  H. Adeng selaku Manajer Personalia dan Iwa K selaku Manajer Expor Impor.

H. Adeng Haedar menyebutkan, dari jumlah 3.600 karyawan PT Kwalram, hampir 95 persen sudah divaksin dan sisanya yaitu 5 persen belum divaksin karena mempunyai penyakit bawaan serta sisanya belum melaksanakan vaksin ke-2.

“Kami juga akan melaksanakan vaksinasi bagi anggota keluarga pegawai. Selain itu, rencananya akan membuat poliklinik untuk masyarakat yang tidak tercover oleh BPJS Kesehatan dengan kapasitas 50 orang perhari,” kata Adeng.

Adeng menyebutkan, perusahaannya merupakan yang pertama melakukan uji coba pegawai masuk.

“Kami telah melakukan 100 persen pegawai untuk bekerja, namun kami juga melakukan industrial barcode bagi pegawai yang memasuki kawasan PT Kewalram,” ungkapnya.

Wabup mengucapkan terima kasih kepada kedua perusahaan yang menurutnya telah melaksanakan Prokes dengan baik seraya berharap bisa dicontoh oleh perusahaan di wilayah Sumedang.

“Dari dua tempat yang saya kunjungi, ada beberapa terobosan yang dilakukan apabila terdapat karyawan bergejala (Covid-19), terutama di PT Yakjin Jaya Indonesia ada ruangan isolasi dan sangat komplet dalam prosedurnya,” ungkap Wabup.

Wabup mengajak kepada seluruh masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendaftarkan diri dalam rangka membentuk herd immunity di Kabupaten Sumedang.

“Kita percepat jangkauan vaksinasi di Kabupaten Sumedang demi mewujudkan herd immunity. Oleh karena itu, saya minta semua yang belum agar segera divaksin,” ucapnya.

(Ade MS)