Pangdam IV/Diponegoro dan Forkopimda Jateng Ikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI Tahun 2021

Modusinvestigasi.online, Semarang-Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto bersama segenap unsur Forkopimda Jawa Tengah mengikuti upacara Detik-Detik Proklamasi Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 secara virtual dari Istana Merdeka. Kegiatan tersebut digelar di gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan Kota Semarang, Selasa (17/8/2021).

Ini adalah kali ke dua upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat dan pembatasan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan. Secara terpusat upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka Jakarta.

Selain Pangdam IV/Diponegoro para Danrem dan seluruh Komandan Satuan serta Prajurit dan PNS di jajaran Kodam IV/Dip juga mengikuti upacara live peringatan Detik-Detik Proklamasi Ke-76 Kemerdekaan RI ini dari tempat masing-masing. Ini adalah upaya menghindari keramaian atau pengumpulan massa untuk mencegah penyebaran Covid-19 tanpa meninggalkan makna yaitu meninggalkan rasa Nasionalisme.

Sebelumnya Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih diikuti Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jl. Pahlawan No.9. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen dan Komandan Upacara Danyonif 405/SK Letkol Inf Kresna Santi Dharma, S.E., M.Han., diikuti para Pejabat Kodam IV/Diponegoro, Kepolisian Jateng dan Forkopimda Provinsi Jawa Tengah.

Plh Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Muchlis Gasim, S.H., M.Si. mengungkapkan bahwa Upacara peringatan HUT RI Ke-76 ini, merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih serta penghormatan kepada seluruh Pahlawan yang telah gugur sebagai Kusuma Bangsa atas pengorbanannya demi Kemerdekaan Indonesia sekaligus sebagai momentum memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta meningkatkan rasa Nasionalisme. Oleh karena itu, meskipun diselenggarakan secara virtual, peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk meningkatkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

“Setiap warga negara harus memiliki rasa nasionalime kepada bangsanya sendiri. Ini sebagai bentuk kesadaran dan cinta tanah air yang ditunjukan melalui sikap dan tingkah laku masyarakat” ungkapnya.

Terlebih ditengah situasi Pandemi seperti ini semangat kebersamaan harus terus dipupuk. Selaras dengan penyampaian Presiden RI Joko Widodo dalam pidato Kenegaraannya bahwa Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, yang  menjadi semboyan Bulan Kemerdekaan pada tahun ini, hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah menghadapi dunia yang penuh disrupsi. Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, hanya bisa dicapai jika kita semua bahu-membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan.

“Semoga momentum Kemerdekaan RI ini semakin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bisa mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air” tandasnya.

Turut serta dalam kegiatan tersebut antara lain Kajati Jawa Tengah, Ketua DPRD Provinsi , Wakil Gubernur, Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, PJ. Sekertaris daerah Provinsi Jawa Tengah l dan Para Asisten Sekda Provinsi Jawa Tengah. *(Pendam IV/Dip/Tutik,Yohanes)