P3-TGAI Desa Awiluar Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Peletakan Batu Pertama Program P3-TGAI di Desa Awiluar Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis

CIAMIS (pelitaindo.news) – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi selanjutnya disingkat P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawacita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

P3-TGAI yang dilaksanakan di Desa Awiluar Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis mendapat sambutan hangat dari para petani. Peletakan batu pertama P3-TGAI tersebut dilaksanakan di dusun Banjar pinang Desa Awiluar.

“Masyarakat menyambut baik adanya program P3-TGAI tersebut,” ujar Kepala Desa Awiluar Momon, Kamis (20/10/2022).

Menurut Momon, adanya program P3-TGAI ini disambut baik oleh warga dalam mensukseskan kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor ekonomi pertanian sebagaimana termuat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah desa Awiluar.

Dayat, Ketua Kelompok Tani sebagai penerima manfaat jaringan irigasi sangat menyambut baik program P3-TGAI. “Masyarakat khususnya petani di wilayah kami dapat merasakan manfaatnya, karena membantu adanya peningkatan jaringan irigasi. Adanya program irigasi tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi,” ujarnya.

Proses pemberdayaan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, dan pengelolaan jaringan irigasi dengan melibatkan berbagai unsur pengawasan dan peran serta masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

(P3-TGAI) Tahun Anggaran 2022, Satker Operasi 2 BBWS Citanduy dan Pemeliharaan Sumber Daya Air BBWS CITANDUY melaksanakan dalam kegiatan program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAi) Pengadaan Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) wilayah OP 2 BBWS Citanduy. *(Nana)