Menjaga Sesama, Gerakan Membantu Masyarakat Terdampak di Tengah Covid-19

Relawan menjaga sesama sedang membagikan makanan siap santap kepada pedagang.

Modusinvestigasi.Online, Cimahi “Saling jaga kepada sesama lewat aksi menjaga”. Demikian motto Menjaga Sesama, sebuah proyek kemanusian yang bergerak sebagai penyalur dan membantu sesama di tengah pandemi Covid-19.

Di tengah situasi sulit ini, sejumlah pemuda di Kota Cimahi menunjukan rasa kepedulian untuk membantu antar sesama masyarakat yang berjuang di tengah pandemi dan masyarakat lainnya.

Fakhri, salah satu inisiator gerakan sosial Menjaga Sesama mengatakan, awalnya ingin membentuk gerakan sosial yang lain. Namun setelah diberlakukannya PPKM Jawa dan Bali banyak sekali masyarakat yang terdampak akibat kebijakan tersebut.

“Banyak sekali di lingkungan terdekat yang terdampak oleh kebijakan tersebut dan terdampaknya cukup parah sehingga untuk menyambung hidup pun agak sulit bagi mereka. Maka dari itu kami ingin menjadi penghubung bagi teman–teman yang memiliki rezeki berlebih dan penyalur bagi masyarakat yang terdampak maupun yang berjuang di tengah Covid-19,” ujar Fakhri.

Menurut Fakhri, budaya gotong royong sangat diperlukan di tengah pandemi Covid-19 agar situasi sulit ini dapat dilewati bersama-sama

“Karena nilai gotong royong dalam situasi sekarang enggak boleh banget dilepaskan dan kita sama- sama ingin untuk keluar dari situasi yang sulit seperti sekarang. Yang jadi poinnya adalah kita nggak mau keluar dari situasi yang sulit ini sendiri-sendiri kita ingin bersama-sama keluar dari situasi sulit ini maka dari itu namanya Menjaga Sesama,” ujar Fakhri.

Kegiatan yang dilakukan Fakhri serta relawan lainnya pertama kali dimulai pada akhir bulan Juli 2021 dengan membagikan makanan siap santap serta paket sembako yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak maupun yang berjuang di tengah Covid-19 yang berada di Cimahi, Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan sosial yang dilakukan Saling Menjaga mendapatkan respon yang baik dari masyarakat serta bantuan donasi yang berdatangan.

Menurut Fakhri, donasi dapat diberikan dalam bentuk uang maupun selain uang dan telah disediakan oleh tim menjaga sesama.

“Rezeki yang ingin dititipkan berupa uang bisa transfer bank dan tertera di akun Instagram menjaga sesama dan titipan rezeki selain uang, teman-teman dapat mengisi formulir yang disediakan oleh tim menjaga sesama yang dapat di akses di akun instagram menjaga sesama dan di akun Instagram dijelaskan secara detil bagaimana mekanisme titip rezeki di menjaga sesama,” ujar Fakhri.

Harapan Fakhri serta tim tentunya terus memberikan kontribusi kepada masyarakat luas serta kebaikan ini tidak berhenti pada tim Saling Menjaga.

“Kami berharap bisa memberikan dampak yang luas untuk lingkungan sekitar. Sehingga kebaikan ini tidak hanya berhenti di kami, melainkan dilakukan oleh seluruh pihak. Kemudian kami berharap kegiatan kami dapat bergerak secara lebih luas dan membantu dalam berbagai aspek, tidak hanya yang berkaitan dengan ekonomi. Namun juga, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,” tutup Fakhri. (Red/MI)